Home  /  Berita  /  Umum

Fadli Zon Dukung Padang Panjang Jadi Kota Literasi

Fadli Zon Dukung Padang Panjang Jadi Kota Literasi
MOBIL PUSKEL – Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra. Woro Titi Haryanti, MA secara resmi menyerahkan mobil Perpustakaan Keliling kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, Sabtu (2/2), di Balaikota Padang Panjang. Pada
Sabtu, 03 Februari 2018 02:38 WIB
PADANG PANJANG – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memberi dukungan dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Padang Panjang yang mampu merangkul pegiat literasi di kota itu untuk menggerakkan kegiatan-kegiatan literasi di tengah masyarakat.

''Padang Panjang sebagai Kota Literasi cukup valid mengingat kota ini kota pendidikan yang bersejarah,'' kata Fadli Zon saat memberi sambutan usai serah terima bantuan mobil Perpustakaan Keliling (Puskel) dari Perpustakaan Nasional RI kepada Pemerintah Kota Padang Panjang, Sabtu (2/2/2018) di aula Balaikota Padang Panjang.

Fadli Zon merujuk masa lalu Padang Panjang yang memiliki banyak sekolah agama (pesantren) yang masih bertahan hingga kini, di antaranya Perguruan Diniyyah Puteri dan Perguruan Thawalib di samping beberapa sekolah lainnya. Banyak tokoh ulama dan tokoh pergerakan bangsa yang lahir dari sekolah-sekolah itu.

''Di kalangan sastrawan ada Hamka dan AA Navis yang karya-karyanya tetap dibaca hingga kini,'' ujar Fadli Zon sembari mengutip perkataan Bung Hatta, ''Aku rela dipenjara asalkan selalu bersama buku, karena bersama buku aku merasa bebas''.

Fadli Zon turut menyaksikan penyerahan mobil Puskel bantuan Perpusnas RI yang diserahkan secara simbolis Kepala Perpusnas RI diwakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra Woro Titi Haryanti, MA kepada Wali Kota Padang Panjang H. Hendri Arnis yang selanjutnya diserahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.

Selain Fadli Zon, turut menyaksikan Anggota Komisi IX DPR RI dr. H. Syuir Syam, M.Kes., MMR., Wakil Ketua DPRD Kota Padang Panjang Yulius Kaisar, Sekretaris Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Alfiandri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST., MT.

Pada kesempatan itu juga hadir sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, Camat, Lurah, Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang, dan kepala sekolah se-Kota Padang Panjang.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra. Woro Titi Haryanti berharap bertambahnya armada Puskel di Perpustakaan Daerah Padang Panjang memberi semangat bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang untuk lebih banyak lagi merangkul pegiat-pegiat literasi.

''Saya beri dua jempol untuk gerakan literasi yang sudah dilakukan di Padang Panjang. Biarpun perpustakaannya tidak terlalu besar, tapi manfaat kegiatan literasi yang dilakukan cukup besar dirasakan masyarakat,'' ujarnya.

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis menyampaikan terima kasih kepada Perpusnas RI yang telah memberi bantuan mobil Puskel untuk kedua kalinya di Kota Padang Panjang.

''Kita juga sedang mencoba mengubah paradigma masyarakat tentang perpustakaan, bahwa perpustakaan bukan sekadar gudang buku, tapi perpustakaan bisa sebagai tempat warga berkreasi dan rekreasi,'' katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang Alvi Sena mengatakan, Padang Panjang saat ini sedang berbenah diri menuju Kota Literasi. Gaung ke arah itu sudah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, termasuk Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, bersama pegiat-pegiat literasi di Padang panjang.

''Pada 3-6 Mei 2018 mendatang kami juga mempersiapkan kegiatan akbar bertema literasi berupa kegiatan Temu Silaturahmi Penyair Asia Tenggara di Padang Panjang,'' papar Alvi Sena.

Koordinator Forum Pegiat Literasi (FPL) Padang Panjang mengucapkan selamat kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang yang mendapat bantuan mobil Puskel dari Perpusnas RI.

''Mobil itu mempermudah gerakan literasi di Padang Panjang terutama untuk membawa buku-buku ke berbagai sudut Kota Padang Panjang,'' katanya.

Sementara salah seorang pegiat FPL, Munafri, menambahkan, bantuan mobil puskel itu akan mempercepat cita-cita Padang Panjang menjadi Kota Literasi. Lapak-lapak baca akan semakin banyak dibentang sebab kehadirannya selalu ditunggu masyarakat Padang Panjang.

''Bantuan ini menambah semangat para pegiat literasi di Padang Panjang. Semoga mimpi Padang Panjang menjadi kota literasi segera terwujud,'' tambahnya. (rls)

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Umum, Pendidikan, Sumatera Barat, Padangpanjang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77