Loading...
Home >  Berita >  Umum

Berpulangnya Raja Pagaruyung, Irwan Prayitno: Beliau Arif Bijaksana dan Sangat Memahami Adat Budaya Minangkabau

Berpulangnya Raja Pagaruyung, Irwan Prayitno: Beliau Arif Bijaksana dan Sangat Memahami Adat Budaya Minangkabau
Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qorror, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti
Jum'at, 02 Februari 2018 02:42 WIB
PADANG - Kabar duka berpulangnya Raja Pagaruyung, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qorror, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti melahirkan duka yang dalam bagi rakyat Sumatera Barat. Beliau adalah tokoh yang arif bijaksana dan sangat memahami adat budaya alam Minangkabau.

"Kami atas pemerintah Provinsi Sumbar dan keluarga secara pribadi mengucapkan rasa belasungkawa dan prihatin yang mendalam atas meninggalnya tokoh masyarakat, tokoh adat dan pewaris dari kerajaan Pagaruyung. Kami sangat merasa kehilangan, mari kita doakan beliau diterima di sisi Allah SWT," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di rumah sakit.

"Untuk keluarga yang ditinggal agar sabar dan tabah dengan musibah ini, kita semua merasa kehilangan. Mudah-mudahan banyak contoh-contoh dijadikan suri teladan beliau oleh generasi penerus," sambungnya.

Di mata Irwan Prayitno, almarhum sangat dikenal dengan sikapnya yang arif dan sangat memahami adat serta memahami budaya. Begitupun dengan pendekatan almarhum dalam mengatasi berbagai persoalan, sangat dikenal dengan diatasi secara suasana sejuk.

"Beliau sangat mengenal apa yang ada di Sumbar khususnya etik Minang. Sehingga dengan kemampuan kecerdasan beliau, bisa memberikan suatu pencerahan-pencerahan dalam pendekatan budaya. Sekali lagi kita sangat merasa kehilangan," tambah Gubernur.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim juga turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Raya Pagaruyung, Sutan Haji Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Mudo Mahkota Alam. Di antaranya, almarhum sangat dikenal sebagai tokoh yang gemar berorganisasi.

"Almarhum menjadi kebanggaan kami dan beliau juga pernah menjadi ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Beliau sangat dibanggakan oleh pemuda Sumbar, dan kita semua sangat merasa kehilangan," katanya.

Hendra Irwan Rahim mengungkapkan, peran Almarhum dalam menjadi Raja Pagaruyuang sangat berpengaruh dalam hubungan kerjasama antara Sumbar dengan Negara Malaysia.

"Kegiatan-kegiatan beliau sangat diakui oleh orang Malaysia dan selalu berbondong-bondong datang ke Sumbar orang Malaysia. Atas beliau, hubungan ikatan batin antara Sumbar dengan Malaysia sangat dirasakan, beliau sangat luar biasa," cetusnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qorror, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti, berpulang ke Rahmatullah di usia 69 tahun.

Raja Pagaruyung ini meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil, Padang, Kamis malam (1/2) pukul 20.05 WIB. Sebelumnya, Raja Pagaruyung telah dirawat selama 20 hari di rumah sakit tersebut.

Rencana beliau malam ini langsung dibawa ke kampung (Tanah Datar) besok pagi dilaksanakan upacara pemakaman di Istano Silinduang Bulan. ***

Editor : Hermanto Ansam
Sumber : merdeka.com
Kategori : Umum, Peristiwa, GoNews Group, Sumatera Barat, Rantau, Padang, Tanah Datar

Loading...
www www