Home  /  Berita  /  Umum

Kereta Gantung akan Dibangun Menghubungkan Lembah Anai - Kota Padang Panjang, Ini Menampilkan Keindahan Udara Luar Biasa

Kereta Gantung akan Dibangun Menghubungkan Lembah Anai - Kota Padang Panjang, Ini Menampilkan Keindahan Udara Luar Biasa
Kamis, 25 Januari 2018 21:58 WIB
PADANG - Siapa yang tak kenal Lembah Anai? Kawasan wisata yang berada di perbatasan Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Tanah Datar itu selain memiliki air terjun yang mempesona, juga memiliki perbukitan yang indah dengan lembah-lembah berair jernih. Dan yang tak kalah menariknya, di kawasan ini masih tersisa jalur ketera api serta berada di kawasan lintas yang mudah dijangkau.

Melihat potensi yang luar biasa itu, Pemerintah Kota Padang Panjang sudah merencanakan akan membangun kereta gantung yang menghubungkan lokasi Lembah Anai dengan Kota Padang Panjang. Lintasan kereta gantung ini, akan menghadirkan pemandangan luar biasa dengan udara yang sangat sejuk.

''Studi kelayakan cable car atau kereta gantung yang menghubungkan kawasan wisata Lembah Anai dan Kota Padang Panjang ini sudah dilakukan sejak 2013 lalu,'' ujar Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi saat memberikan paparannya di Istana Gubernur Sumbar, Kamis (25/1/2018).

Dikatakan, pengembangan proyek ini terkendala penentuan batas wilayah proyek. Selain mengoneksikan Padang Pariaman dan Lembah Anai, kereta gantung nantinya bakal melintasi tiga kabupaten yakni Padang Panjang, Tanah Datar, dan Padang Pariaman.

''Dibutuhkan Rp 34 miliar untuk membangun. Kami harap ada keterlibatan provinsi. Kalau terwujud, maka atraksi wisata ini bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan dan pemasukan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Oni Yulfian, menyebutkan bahwa seluruh kabupaten yang wilayahnya dilintasi pembangunan kereta gantung harus berembug untuk menetapkan skema pembangunan. Bila melibatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumbar, ujarnya, maka kewenangan pembangunan harus melibatkan provinsi. Melalui skema ini, 40 persen pembiayaan bisa berasal dari provinsi.

"Karena ini ada di dua kab kota, harus ditetapkan dulu sehingga ini menjadi kewenangan provinsi. Kalau sudah dipastikan ini di Padang panjang, kita bisa terapkan DAK (Dana Alokasi Khusus)," kata Oni.

Kawasan Lembah Anai memang menjadi salah satu destinasi pariwisata Sumatra Barat yang menawarkan keelokan alam. Keberadaan kereta gantung diharapkan mampu menyedot lebih banyak wisatawan. Apalagi Sumbar juga sedang gencar mengampanyekan wisata halal. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:republika.co.id
Kategori:Umum, GoNews Group, Padangpanjang, Sumatera Barat, Rantau
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/