Home  /  Berita  /  GoNews Group
Info Kesehatan

Gejala Batu Empedu Mirip Dengan Sakit Maag, Bagaimana Membedakannya?

Gejala Batu Empedu Mirip Dengan Sakit Maag, Bagaimana Membedakannya?
Ilustrasi.
Selasa, 23 Januari 2018 00:39 WIB
JAKARTA - Sakit maag sering ditandai dengan sensasi mual-muntah, tidak nafsu makan, nyeri ulu hati, perut perih, dan asam lambung naik.

Tetapi jangan anggap enteng rentetan gejala ini. Berbagai gejala yang Anda kira hanya karena maag biasa, bisa jadi pertanda penyakit batu empedu.

Bagaimana membedakan gejala maag dengan gejala batu empedu? Simak penjelasan yang akan GoNews.co paparkan berdasarkan data dari Hello Sehat berikut ini.

Membedakan gejala maag dengan gejala batu empedu

1. Beda gejala nyeri ulu hatinyaNyeri ulu hati merupakan keluhan yang umum ditemui, baik sebagai gejala maag maupun penyakit batu empedu. Pasalnya, kedua hal ini sama-sama terjadi di saluran pencernaan dan letaknya saling bersebelahan di daerah perut bagian atas.

Sakit maag disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, sehingga melukai dinding lambung. Gejala maag yang paling umum ditemui adalah nyeri ulu hati, disertai mual, dan muntah yang terasa asam atau pahit.

Penyakit batu empedu juga menyebabkan nyeri ulu hati, namun lokasinya lebih terfokus pada daerah perut kanan atas yang menjalar sampai ke pinggang, punggung, bahkan kadang sampai ke bahu.

Nyeri gejala batu empedu juga biasanya berlangsung lama dapat berlangsung sampai berjam-jam dan tidak membaik setelah minum antasida atau obat-obatan maag lainnya.

2. Beda pemicu gejalanyaSakit maag dan gejala batu empedu sama-sama bisa terjadi setelah makan. Namun, gejala batu empedu biasanya memberat setelah makan makanan berlemak seperti gorengan, santan, dan sebagainya.

Sedangkan pada sakit maag, makanan apapun baik berlemak maupun tidak, tetap akan merangsang produksi asam lambung dan menimbulkan nyeri.Konsumsi antibiotik, obat nyeri NSAID, dan kortikosteroid juga dapat memicu sakit maag. Namun obat-obatan ini tidak memengaruhi timbulnya gejala batu empedu.

3. Beda gejala penyertanyaPenyakit batu empedu biasanya juga menyebabkan kelainan pada warna feses dan urin. Jika Anda memiliki batu empedu, warna feses biasanya lebih pucat sementara warna urin  menjadi kuning tua atau cikelat pekat seperti teh. Sakit maag tidak menyebabkan gejala perubahan warna pada keduanya.

Selain itu, gejala batu empedu bisa menyebabkan perubahan warna kulit dan bagian putih mata menjadi berwarna kuning akibat kerusakan fungsi ginjal. Gejala seperti ini tidak akan ditemukan pada sakit maag.

Meski sekilas mirip, penting untuk Anda bisa membedakan gejala apa yang Anda alami. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat ketika di dokter.

Tentang Hello Sehat Indonesia

Didirikan pada April 2016, Website Hello Sehat membahas lebih dari 15.000 topik seputar gaya hidup sehat, kehamilan, kesehatan keluarga, termasuk juga kamus penyakit dan obat yang semua kontennya telah diverifikasi oleh dokter dan ahli kesehatan profesional.

Sebagai bagian dari Hello Health Group, kami bertujuan untuk menjadi penyedia informasi kesehatan nomor satu di Indonesia, yang memungkinkan semua orang mendapat akses ke warta kesehatan yang terpercaya, sekaligus menginspirasi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan bahagia. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/