Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Mentawai Impikan Pelabuhan Sikakap Jadi yang Terbesar di Wilayah Barat Indonesia

Mentawai Impikan Pelabuhan Sikakap Jadi yang Terbesar di Wilayah Barat Indonesia
Kamis, 18 Januari 2018 22:36 WIB
SIKAKAP - Besarnya potensi perikanan laut di wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat membuat Pemerintah Kabupaten Mentawai bercita-cita menjadikan Pelabuhan Sikakap menjadi yang terbesr di wilayah barat Indonesia. Hasil perikanan wilayah ini sangat besar, sayangnya tidak dinikmati oleh nelayan setempat.

Demikian dikatakan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet saat bertemu Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam rapat sederhana disalah satu rumah tokoh Mentawai tepi pelabuhan Sikakap, Rabu (17/1/2018).

Bupati Mentawai Yudas Sabagalet dalam kesempatan itu menyampaikan, saat ini lebih dari 40 ton ikan Mentawai menguap ke daerah lain karena masyarakat Mentawai tidak melakukan kegiatan semaksimal mungkin di laut.

''Karena itu kami bermimpi ingin mengembangkan pelabuhan Sikakap ini sebagai pelabuhan perikanan laut terbesar di wilayah Indonesia bagian barat,'' ujarnya.

Dan melihat potensi alam yang ada amat mendukung untuk kegiatan tersebut, untuk itu, melalui pemerintah Provinsi Sumayera Barat, Gubernur Irwan Prayitno dan Wagub Nasrul Abit, ia menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan Pelabuhan Sikakap guna kemajuan dan ketahanan potensi kelautan wilayah barat Indonesia.

Yudas juga mengatakan, Pemkab Mentawai serius ingin mengembangan potensi kelautan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Mentawai khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya. ''Kita akan bantu semua nelayan terutama nelayan Mentawai, baik dengan program pelatihan dan pendidikan tentang cara tangkapan ikan di laut maupun program lainnya yang mampu membangkitkan semangat pengembangan potensi kelautan di Kabupaten Kepulauan Mentawai,'' tutup Yudas Sabagalet bersemangat. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Pemerintahan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/