Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Bila Kawasan Ekonomi Khusus Dibangun di Mentawai, Ini yang Harus Dilakukan

Bila Kawasan Ekonomi Khusus Dibangun di Mentawai, Ini yang Harus Dilakukan
Kamis, 18 Januari 2018 21:10 WIB

PADANG – Rencana Pemerintah Mentawai untuk menetapkan daerah Siberut Barat Daya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) diharapkan memperhatikan masyarakat lokal dan lingklungan serta dapat memberikan dampak  terhadap peningkatan ekonomi.

"Adanya kawasan ekonomi khusus di Mentawai tentu akan memberikan dapak positif bagi perekonomian dan juga pariwisata, tapi janganlah lupa kepentingan masyarakat dan lingkungan harus menjadi perhatian dalam pengembangan pariwisata nantinya," kata Rifai, Direktur Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCMM) Sumatera Barat di Padang, Kamis (18/1/2018).

Rifai menyebutkan, seperti juga daerah lain, Mentawai juga membutuhkan adanya investasi, tapi investasi di Mentawai harus investasi yang jujur, ramah dan santun terhadap masyarakat, agar masyarakat tidak lagi merasa tertipu dengan beberapa investasi yang telah dilakukan sebelumnya, "Saya yakin masyarakat Mentawai mendukung dengan adanya KEK, tapi yang perlu ditegaskan agar nantinya dalam pengelolaan pariwisata juga harus diterapkan pariwisata yang inklusif, dan tidak ekslusif yang hnaya menguntungkan beberapa pihak saja," ujarnya.

Rifai juga menyebutkanadanya aspek lain yang juga harus diperhatikan yakni kondisi lingkungan tempat dikembangkannya pariwisata tersebut, baik itu kawasan darat maupun laut, terutama daerah Kecamatan Siberut Barat Daya yang akan menjadi daerah pembangunan.

Menurut Rifai, di  Siberut Barat Daya terdapat kawasan pendaratan penyu, mulai dari Penyu Sisik dan bahkan ada yang pernah melihat Penyu Belimbing mendarat di daerah tersebut. Kawasan tersebut berada di antara Pei Pei dan Teluk Katurai, sehingga nanti pada pelaksanaan pembangunan, kata Rifai  harus benar-benar memperhatikan material, pasalnya untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur pasokan materialnya harus dari Padang dengan jalur laut sehingga akan meningkatkan lalu lintas pelayaran, namun juga harus diperhatikan terhadap lingkungan sekitar, jangan sampai keberadaan karang, dan bakau di kawasan laut Siberut Barat Daya rusak akibat adanya material dari Padang

Hal senada juga dikatakan Camat Siberut Barat Daya, Hatisama Hura. Kata dia, pengembangan pariwisata di daerah yang dipimpinnya akan meningkatkan pembangunan infrastruktur yang selama ini sangat minim.

"Kita sangat bersyukur dengan adanya pembangunan KEK ini, karena melalui pembangunan dan pengembangan pariwisata, tentu diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat dan dapat meningkatkan mentalitas anak-anak Mentawai untuk siap berkompetisi," katanya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/