Home  /  Berita  /  GoNews Group

Soal Atlet Tenis Meja dan Penyaluran Dana Pelatnas, Kemenpora Diminta Tak Gegabah

Soal Atlet Tenis Meja dan Penyaluran Dana Pelatnas, Kemenpora Diminta Tak Gegabah
Istimewa.
Rabu, 17 Januari 2018 17:46 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) meminta agar Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak gegabah dalam menangani persiapan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Terutama menyangkut soal kualitas atlet yang dipersiapkan dan penyaluran anggaran Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) mengingat belum tuntasnya dualisme kepengurusan tenis meja di Tanah Air.

Seperti diketahui, sudah bertahun-tahun tenis meja Indonesia mengalami kemerosotan prestasi sebagai dampak dari adanya dua induk organisasi tenis meja, PB PTMSI di bawah pimpinan Ketua Umum Lukman Edy dan Pengurus Pusat (PP) PTMSI yang dinakhodai oleh Oegroseno.

Untuk mengatasi dualisme ini Kemenpora telah menunjuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat untuk menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Bersama antara PB dan PP PTMSI. Namun Munaslubber itu sampai kini belum terwujud.

Ketika wartawan menanyakan masalah keputusan Kemenpora hanya memanggil atlet dari pihak PP PTMSI, Ketua Harian PB PTMSI Anton Suseno mengemukakan, pihaknya masih menunggu pelaksanaan Munaslubber oleh KONI Pusat.

Seharusnya pula semua pihak melakukan hal itu karena Munaslubber itu perintah dari Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. 

"Jadi pihak Kemenpora tidak bisa gegabah dalam masalah pelaksanaan dan penyaluran dana Pelatnas Asian Games?," tanya wartawan.

"PB PTMSI tidak bisa melarang Kemenpora. Hanya saja kami memohon pihak Kemenpora tidak gegabah dalam persiapan tenis meja ke Asian Games. Perlu ditunggu hasil Munaslubber itu," kata Anton di Sekretariat Siwo PWI Pusat lantai 8 Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Mantan petenismeja andalan Indonesia itu melanjutkan, bukan berarti PB PTMSI berdiam diri. Sampai saat ini pihak tetap mengadalan Pelatnas desentraliasi sebagai persiapan menuju Asian Games. Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Pelatnas sentralisasi.

Anton mengelak dengan menyatakan bukan wewenang PB PTMSI ketika ditanya masalah penyaluran anggaran Pelatnas Asian Games oleh Kemenpora.

Sebagai cabang yang dipersiapkan ke Asian Games tentunya tenis meja mendapat anggaran itu. Namun sampai saat ini pihaknya tidak pernah dihubungi Kemenpora maupun KONI.

"Apakah demikian juga dengan yang lainnya? Saya tidak tahu. PB PTMSI hanya memohon agar Kemenpora jangan gegabah menyalurkan uang yang berasal dari APBN atau dari rakyat ini," ucapnya.

Saat didesak lagi, Anton menegaskan, ada hak-hak atlet terbaik tenis meja Indonesia yang dirampas karena tidak dipanggil masuk Pelatnas.

Dia mendengar pihak PP PTMSI telah memanggil pemain untuk Pelatnas. Namun, atlet yang dipanggil bukan kualitas yang terbaik. 

"Dari kaca mata saya sebagai mantan pemain nasional saya melihat mereka bukan yang terbaik karena tidak ada yang masuk semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) lalu. Bahkan ada yang tidak ikut PON. Mungkin hanya Vicky Supit yang bagus namun yang lainnya patut dipertanyakan. Yang lainnya telah merampas hak atlet terbaik Indonesia," bebernya. 

Untuk itu pihaknya akan segera berkirim surat kepada KONI dan Kemenpora mempertanyakan masalah pemanggilan atlet dan juga mungkin masalah penyaluran anggaran Pelatnas agar tidak salah kaprah. PB PTMSI, ucapnya, tentu tidak bisa mendiamkan kalau ada atlet terbaik Indonesia yang dirugikan haknya. Tim Asian Games harus diisi oleh pemain terbaik di Indonesia karena masyarakat menuntut prestasi maksimal.

"Termasuk kalau sudah ada MoU soal dana Pelatnas maka kita akan protes. Untuk itulah kami mohon agar Kemenpora membahas masalah persiapan Asian Games ini setelah Munaslubber dilaksanakan," pungkasnya. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/