Home  /  Berita  /  Umum

Kemenpar Dorong Pariwisata Sumatera ke Pasar Eropa

Kemenpar Dorong Pariwisata Sumatera ke Pasar Eropa
Istimewa.
Rabu, 20 Desember 2017 22:27 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PALEMBANG - Guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara Eropa ke Sumatera, kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar rapat koordinasi (Rakor) yang di ikuti oleh Kepala Dinas Pariwisata se-Sumatera dan Asosiasi perusahaan perjalanan wisata Indonesia atau yang biasa dikenal ASITA.

Rakor Pariwisata tersebut dilaksanakan di Palembang, pada Rabu (20/12), dipimpin langsung oleh Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana dan juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP ASITA Asnawi Bahar.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) provinsi Riau Fahmizal Usman, yang pada saat itu berkesempatan hadir mengikuti acara tersebut menjelaskan, forum yang digelar oleh Kemenpar itu sangat baik untuk mendorong pariwisata di Sumatera, Kegiatan ini akan rutin digelar setiap tahunnya dengan dua kali pertemuan.

"Dalam Rakor ini menyepakati beberapa hal tentang produk paket wisata bersama, promosi bersama dan sekretariat bersama untuk mendorong sumatera menjadi one Destination," kata Fahmizal Usman.

"Promosi pariwisata bersama se-Sumatera ini di dorong untuk mengejar pasar eropa dengan jalur crossborder melalui Singapura dan Malaysia," ujar Kadispar Riau Fahmizal Usman.

Pada Rakor itu disepakati provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dipilih menjadi sekretariat bersama promosi Pariwisata se-Sumatera, selain itu kerjasama dalam bidang product development dalam bentuk pembuatan paket bervariasi secara bersama terhubung antar provinsi di Sumatera, serta pembuatan travel patern, kalender event budaya dan pariwisata.

Dalam bidang Pemasaran Pariwisata, kerjasama yang akan dijalankan adalah, promosi bersama pariwisata, pengembangan bahan promosi dengan komitmen menggunakan anggaran masing-masing daerah, pembuatan website bersama, pengembangan TVc bersama yang difasilitasi oleh kemenpar, penyelenggaraan Sumatera Travel Mart yang dilaksanakan rutin setiap tahun dengan didukung oleh Kementerian Pariwisata. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/