Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Susanto Jinakkan Torre Lewat Jebakan Krisis Waktu
Olahraga
22 jam yang lalu
Susanto Jinakkan Torre Lewat Jebakan Krisis Waktu
2
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
Umum
24 jam yang lalu
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
3
Ditanya Lebih Bangga Indonesia atau Korsel Yang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Ini Jawaban Shin Tae-yong
Olahraga
20 jam yang lalu
Ditanya Lebih Bangga Indonesia atau Korsel Yang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Ini Jawaban Shin Tae-yong
4
Cerita Kekesalan Shin Tae-yong dan Menyebut Takdir Bertemu Korsel di Perempat Final
Olahraga
19 jam yang lalu
Cerita Kekesalan Shin Tae-yong dan Menyebut Takdir Bertemu Korsel di Perempat Final
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

Wakili Riau di Malam Pagelaran Paket Khusus TMII, Tarian Budaya Bengkalis Pukau Dubes Inggris, Kanada dan Korea

Wakili Riau di Malam Pagelaran Paket Khusus TMII, Tarian Budaya Bengkalis Pukau Dubes Inggris, Kanada dan Korea
GoNews.co.
Senin, 18 Desember 2017 12:08 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Beberapa Duta Besar (Dubes) negara tetangga, terlihat sibuk dengan gadgetnya, mengabadikan setiap gerak dan liukan penari yang tampil pada malam pagelaran (paket khusus) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dibawakan putera-puteri Bengkalis Riau, Sabtu (16/12/2017) malam.

Hadir malam itu, Dubes Inggris, Kanada dan Korea Selatan. Mereka tampak terpukau dengan penampilan budaya khas melayu dari Bengkalis yang memang menjadi wakil Riau tahun ini.

Acara yang digelar di Anjungan Riau TMII tersebut, berlangsung sangat meriah. Iven tahunan ini juga dihadiri langsung Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Kadispar Riau Fahmizal Usman, Kabid Promosi Hj Yulisma, Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Kepala UPT Anjungan Riau, Cecep Iskandar.

Selain tarian budaya, malam pagelaran budaya tersebut juga menyuguhkan berbagai hidangan atau kuliner khas melayu kepada para tamu undangan yang berasal dari berbagai daerah.

Aneka makanan dan minuman khas Riau seperti gulai ikan salai, kue jala dan minuman laksana mengamuk menjadi hidangan istimewa malam itu.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis, Amril Mulminin menyampaikan, di Provinsi Riau khususnya Kabupaten Bengkalis tidak hanya memiliki keberagaman budaya. Tapi juga memiliki objek dan destinasi wisata. Bahkan tatacara atau adat istiadat hingga wisata alam juga dimiliki bengkalis.

"Kita memiliki banyak potensi alam, budaya dan makanan yang enak-enak. Kabupaten Bengkalis sangat kental dengan budaya Melayu yang sampai saat ini tidak pudar," ujar Amril dihadapan tamu undangan.

"Mari bersama-sama kita informasikan kepada dunia kalau kita tidak kalah dengan daerah lain. Mari kita jaga dan lestarikan budaya kita," ajak Bupati.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam pemaparannya menjelaskan, dirinya dan pemerintah provinsi, siap mendukung daerah yang ingin atau sedang fokus memajukan wisata daerahnya masing-masing-masing.

Dukungan tersebut kata Andi, mulai dari persiapan infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM) untuk kelanjutan masa akan datang.

"Kita mendukung seluruh daerah yang mau mengembangkan budaya. Pemerintah provinsi Riau mendukung, menjaga, melestarikan dan mempersiapkan SDM," kata Gubernur Riau yang akrab disapa Andi itu.

Menurut Andi Racman, ada beberapa langkah yang disiapkan oleh Pemerintah Provisni Riau guna menyiapkan SDM yang handal untuk memajukan wisata Riau.

Salah satunya dengan mengenalkan ke generasi muda melalui bangku pendidikan dengan membuat regulasi untuk masuk ke kurikulum dan membentuk Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) disetiap kabupaten.

"Ke depan, kita juga buat regulasi seperti muatan lokal kebudayaan Melayu. Kedua, LAM kita sudah Shutle keseluruh daerah sampai kabupaten,” jelasnya.

Andi juga menegaskan, bahwa Pemprov Riau sudah menyiapkan anggaran bagi daerah yang tidak memiliki anggaran lebih untuk pembangunan cagar budaya dan objek wisata.

"Kami akan membantu untuk membangun objek wisatanya seperti pembangunan istana kerajaan jika mereka kekurangan anggaran. Kita juga sudah menyiapkan pariwisata berbasis budaya," pungkas Andi. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/