Home  /  Berita  /  GoNews Group

Tim Pelajar U-16 Tahan Imbang Timnas Timor Leste U-16

Tim Pelajar U-16 Tahan Imbang Timnas Timor Leste U-16
Istimewa.
Sabtu, 16 Desember 2017 20:31 WIB
Penulis: Azhari Nasution
ATAMBUA - Tim Pelajar Indonesia  U-16 mengakhiri tur uji cobanya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada laga terakhir di Lapangan Bintang Timur Academy, Kabupaten Belu, Atambua, Sabtu (16/12/2017), tim binaan Kemenpora itu mampu memaksakan hasil imbang 2-2 atas timnas Timor Leste U-16. Sehari sebelumnya, mereka menang 4-0 atas tuan rumah Bintang Timur.

Dalam pertandingan persahabatan itu, tim Pelajar U-16 sempat ketinggalan 0-1 dari titik penalti yang dieksekusi oleh Gali pada menit ke-8. Hukuman penalti itu diberikan setelah pelanggaran yang dilakukan Rizky Arohman di kotak terlarang.

Namun, setelah kebobolan, permainan Tim Pelajar U-16 justru semakin berkembang. Mereka mendominasi pertandingan dengan permainan bola-bola pendek dari kaki ke kaki.

Timnas U 16 berhasil menyamakan kedudukan 1-1, beberapa menit babak kedua baru dimulai lewat Satria Arya Guntara. Kemudian Alif Jaelani mengubah kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-47.

Sayangnya, keunggulan 2-1 tersebut gagal dipertahankan hingga laga berakhir. Lima menit jelang bubar, Timor Leste mampu menyamakan keadaan menjadi 2-2 melalui tendangan keras Muzinho dari jarak 30 meter. Bola yang licin karena hujan sepanjang laga membuat kiper Tim Pelajar U-16, Viddy Adam, tak mampu menguasai bola dengan baik.

Meski hanya bermain imbang, manajer tim Pelajar Indonesia  U-16 Fary D. Francis mengaku puas. "Kami menguasai permainan dan mendikte lawan. Dua gol lawan semua dari bola mati. Gol pertama lawan juga kontroversial karena asisten wasit tidak mengangkat bendera. Jadi, hukuman penalti itu mestinya tidak ada," tutur Fary D. Francis.

Fary melihat potensi para pemain Tim Pelajar U-16 sangat bagus. "Makanya saya akan meminta manajemen tim nasional PSSI mengikut sertakan mereka dalam seleksi timnas U-16 ataupun U-19," kata Fary yang juga Ketua Departemen Sports Intelligence PSSI itu.

Senada dengan Fary, Deputi III Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta menuturkan bahwa berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kemenpora sudah terlihat hasilnya, untuk itu dirinya menekankan jika federasi sepakbola harus mengawal terus.

"Pemerintah melalui Kemenpora sudah menyiapkan tim muda bagi Indonesia yang terus terkawal secara tersistem dan berkesinambungan dengan kualitas permainan yang mumpuni, sehingga federasi seharusnya mampu mempergunakannya sesuai proyeksi," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Olahraga Timor  Leste Osorio Florindo yang langsung melihat pertandingan menyanjung kualitas permainan tim Pelajar U-16 Indonesia.

Osorio mengatakan bahwa tim asuhan Maman Suryaman itu memiliki stamina yang bagus serta skill yang mumpuni.

"Secara fisik tim Pelajar U-16 Indonesia lebih kuat dan permainannya juga bagus," tutur Menteri yang juga merupakan ketua federasi sepakbola Timor Leste itu. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77