Loading...
Home >  Berita >  Umum

Minangkabau World Foundation Bertekad Bangun Kampung Halaman

Minangkabau World Foundation Bertekad Bangun Kampung Halaman
Sabtu, 16 Desember 2017 13:41 WIB
PADANG - Semangat idealisme membangun ranah Minangkabau terus diciptakan masyarakat perantau. Berlatar pemikiran bahwa Minangkabau mendunia dalam pengertian budaya dan adat, sekelompok perantau asal Minangkabau yang suskses menbentuk wadah untuk membangun nagari yang bernama Yayasan Minangkabau World Foundation (MWF). Bahkan, Yayasan MWF ini memperluas bidang kerjanya dan tidak terfokus pada adat budaya saja.

"Minangkabau mendunia melalui budaya dan adat yang dimiliki. Seiring perjalanan waktu, Minangkabau memiliki potensi pariwisata dan kuliner. Nah, MWF bertanggungjawab lebih mendunia-kan potensi yang ada di ranah Minangkabau," kata Ketua Umum Minangkabau World Foundation, Revri Aroes kepada wartawan, Jumat (15/12/2017).

Revri menjelaskan, MWF bertujuan membangun kampung halaman sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat. MWF dibentuk berdasarkan kesadaran warga perantau yang ingin membangun ranah Minang. Dalam Dikatakan Revri, saat ini pihaknya mensosialisasikan keberadaan MWF. Saat ini untuk keanggotaan MWF sudah terhimpun sekitar 3 ribu anggota.

"Prioritas MWF meningkatkan ekonomi pada sektor UMKM. Program ke depan menginvetarisir jumlah UMKM yang ada di Sumatera Barat," tegas Revri.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pembina MWF, Sukri Bey menguraikan bahwa Sumbar telah memperkenalkan konsep wisata hala ke dunia internasional. Nah, kata Sukri Bey, konstribusi MWF untuk konsep wisata halal ini bagaimana potensi wisata dan kuliner Minang diangkat. Sukri mencontohlan, masakan randang merupakan kuliner yang bisa diangkat ke dunia internasional.

"Menduniakan randang dengan konsep wisata halal adalah langkah yang akan dilakukan MWF," sebut Sukri Bey.

Selain pembangunan pengembangan pariwisata, MWF juga berperan dalam dunia pendidikan dan bidang sosial lainnya. Melalui gerakan MWF, masyarakat Minangkabau yang sukses dirantau membantu pembangunan pendidikan dan karakter generasi muda Minangkabau.(***)

Editor : Agib Noerman
Kategori : Umum, Lingkungan, GoNews Group, Sumatera Barat, Rantau

Loading...
www www