Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
Internasional
3 jam yang lalu
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
2
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
2 jam yang lalu
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
3
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
1 jam yang lalu
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
4
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
1 jam yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  Umum

Netizen Bantu Korban Banjir Aceh Utara dari Hasil Steemit

Netizen Bantu Korban Banjir Aceh Utara dari Hasil Steemit
Warganet dari media sosial Steemit.com menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Sampoinit, Aceh Utara melalui IPSM, Sabtu (9/12/2017).
Senin, 11 Desember 2017 09:04 WIB

LHOKSUKON - Pegiat media sosial Steemit.com dari Nanggroe Steemit Community (NSC) dan Komunitas Steemit Indonesia (KSI) membantu korban banjir di Aceh Utara, Provinsi Aceh dari pendapatan melalui platform media sosial tersebut. Dalam beberapa hari mengumpulkan donasi sebesar Rp13,9 juta dari steemians (pengguna Steemit).

Salah seorang penggagas donasi, Safwaninisam, Minggu (10/12) mengatakan, pascabanjir besar di Aceh Utara pihak berinisiatif menggalang dana dari para pengguna Steemit. Dalam kurun waktu tiga hari, 6-8 Desember membuka dompet penyaluran berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp13.917.876.

“Jumlah penyalur donasi sebanyak 69 steemias dari berbagai daerah di Tanah Air, termasuk dari Bandung, Medan, dan beberapa kota besar lainnya serta paling banyak dari Aceh, karena saat ini steemians terbanyak di Indonesia ada di Aceh,” sebutnya.

Sementara penggagas donasi lainnya dari NSC, Abunagaya didampingi Kurator Indonesia Aiqabrago menyebutkan, bentuk donasi mereka terima beragam. Seperti dalam bentuk Steem, Steem Dollars (SBD) tunai, dan nontunai. Steem dan SBD adalah dua jenis hadiah dari setiap postingan di Steemit.

Safwaninisam merincikan, sebanyak 35 steemians mengirim donasi dalam bentuk Steem. Harga 1 Steem pada Senin (11/12) pagi kisaran 1,7026 USD (United State Dollar atau Dollar Amerika Serikat) atau 0,0001 bitcoin (mata uang virtual). Sementara 1 USD ketika dikonversi ke harga jual Rupiah seharga kisaran Rp13.500 ribu.

Lalu penyumbang dalam bentuk SBD sebanyak 27 steemians. Harga 1 SBD dalam pada Jumat dan Sabtu lalu naik ke level tertinggi tembus 20 USD per satu SBD atau hampir Rp300 ribu. Sementara Senin pagi ini pukul 09.00 WIB harganya turun drastis, dalam 1 SBD harganya 11, 9167 USD. Sementara sisanya adalah penyumbang dalam bentuk nontunai melalui rekening bank dan dalam bentuk tunai atau langsung memberi uang.

Sedangkan bantuan ini berupa sembako, kebutuhan rumah tangga, dan alat tulis diberikan kepada pengungsi banjir terparah di kawasan Lhoksukon, Matangkuli, dan sekitarnya melalui Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM). Penyerahan dilakukan pada Sabtu (9/12) oleh relawan NSC dan KSI di Aceh Utara dan Lhokseumawe.

"Bantuan ini berasal dari sumbangan kawan-kawan Steemit yang sudah sudi menyisihkan pendapatannya untuk meringankan beban saudara yang sedang ditimpa musibah. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama dan ke depan penggalangan dana untuk hal semacam ini bisa terus digalakkan sebagai wujud kepedulian kita kepada sesama," tutur Kurator Indonesia, Levycore.

Editor:Kamal Usandi
Kategori:Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77