Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Antisipasi Kebutaan Akibat Katarak, Selama 3 Hari Ini Korem 032/ Wirabraja Sumbar Gelar Operasi Gratis

Antisipasi Kebutaan Akibat Katarak, Selama 3 Hari Ini Korem 032/ Wirabraja Sumbar Gelar Operasi Gratis
Antisipasi kebutaan karena katarak, Korem 032 Wirabraja gelar operasi gratis selama 3 hari di RST Padang.
Jum'at, 24 November 2017 18:01 WIB
Penulis: jontra
PADANG - Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja gelar kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis untuk masyarakat Sumatera Barat bertempat di Rumah Sakit Tentara (RST) Dr. Rekso Diwiryo Padang, Jumat, 24 November 2017.

Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis ini merupakan program kerjasama antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  (Kemenkes - RI) dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka mewujudkan percepatan penurunan kebutaan akibat katarak di Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Ratusan pasien yang yang berasal dari tiap-tiap Kodim Jajaran Korem 032/Wirabraja ikut berpartisipasi dan mendaftar, didampingi oleh masing-masing Babinsa untuk melaksanakan screening bergiliran di RS Dr. Rekso Diwiryo Padang. Proses screening dilaksanakan bagi penderita yang sudah terdaftar sebagai bagian dari penentuan kondisi pasien layak tidaknya untuk dioperasi.

Waka Rumkit Dr. Rekso Diwiryo Padang Mayor Ckm dr. Syahrial, Sp.B, saat dikonfirmasi menjelaskan, untuk Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak ini dilaksanakan diseluruh Indonesia, dan untuk di Sumbar ditunjuk Rumah Sakit Tentara Dr. Rekso Diwiryo Padang, ungkapnya.

"Kami dari RST Padang beserta seluruh paramedic siap mendukung pelaksanaan Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak ini, termasuk sarana dan prasarana pendukung sudah kami siapkan," jelasnya.

Menyikapi kegiatan tersebut Korem 032/Wbr sebagai salah satu tuan rumah pelaksanaan Bakti Sosial TNI Operasi Gratis ini, Kepala Seksi Teritorial Kolonel Inf Asep Afandi dalam konfirmasinya menyatakan bahwa Korem 032/Wirabraja beserta jajarannya sangat mendukung sekali terlakasananya kegiatan ini. Bahkan, Babinsa kami sangat terlatih untuk merekrut pendeita bahkan melaksanakan screening awalpun sudah mendapat pembekalan sejak lama sehingga pelaksanaan kegiatan seperti ini sudah terbiasa dan berpengalaman menjadi relawan dalam kegiatan seperti ini, jelas nya.

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis ini dilaksanakan dari tanggal 23-26 November 2017, sampai hari kedua pelakasanan kegiatan ini, pasien yang telah dioperasi berjumlah sebanyak 320 orang. (**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/