Home  /  Berita  /  Umum

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sumbar, Mantan Menko Rizal Ramli akan Lakukan Road Show di Ranah Minang

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sumbar, Mantan Menko Rizal Ramli akan Lakukan Road Show di Ranah Minang
Rizal Ramli. (net)
Sabtu, 04 November 2017 17:19 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI- Mantan Menko Kemaritiman penuh kontroversial, Rizal Ramli yang sempat menghilang dan tidak ada kabar dalam kancah politik maupun pemerintahan, berencana mengunjungi Provinsi Sumatera Barat pada Minggu ini. Melalui tajuk Roadshow, Rizal Ramli akan Manyilau Kampuang halaman nya. Sosok yang pernah didepak dari Kabinet Presiden Joko Widodo - Jusuf Kala ini dikabarkan bakal berkeliling Ranah Minang, Minggu 5 November 2017 ini.

Sosok Rizal Ramli yang diketahui lahir di Padang, Sumatera Barat akan berbagi pengalaman untuk mendorong lahirnya ekonomi kerakyatan. Antara lain, dengan menggelar dialog interaktif dengan masyarakat di Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam.

" Iya, Uda Rizal Ramli akan menularkan ilmunya ke masyarakat Nagari dan pengurus Masjid untuk membentuk pondasi ekonomi sosiopreneurship," ungkap Koordinator Roadshow Rizal Ramli, Herman Jambak, pada gosumbar, Sabtu 4 November 2017.

Menurut Herman Jambak, mantan Komisaris Utama Bank BNI itu, pada prinsipnya akan kembali berkiprah untuk kemajuan Sumatera Barat. Setelah lama merantau, Rizal ingin belajar dan berkontribusi untuk kampung halamannya. 

Keinginan sosok Rizal Ramli mendorong stakeholder di Sumbar supaya mampu mengimplementasikan UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dapat mendorong hadirnya Perda Nagari di tanah kelahirannya, lanjut Herman.

Hal pertama yang akan dikunjunginya terkait potensi Nagari Simarasok yang memiliki lima sumber air. Jika rencana ini terealisasi bisa dipakai untuk perekonomian dan memasok kebutuhan air kampus IPDN di Baso, namun belum tergarap sama sekali dengan baik, terang Herman. 

"Selain itu, dia juga akan menggelar dialog interaktif bersama komunitas petani Selaras Alam dan serta guru-guru agama di Candung, Agam dengan tema Ekonomi Kerakyatan dalam Era Globalisasi," jelasnya. 

Dikabarkan juga, Rizal Ramli terenyuh setelah mendapat kritikan tajam dari para perantau Minang. Rizal yang tidak pernah lagi pulang kampung sejak berkarir di ibukota diminta mengabdi untuk kampung halamannya sendiri.

Setelah mengunjungi Kabupaten Agam, Rizal Ramli yang juga mantan dosen Magister Manajemen UI itu, juga akan memberi kuliah umum di Universitas Andalas dan bertemu dengan para pengusaha Sumatera Barat, untuk membahas berbagai hal, terutama yang berhubungan langsung untuk mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.(**)


wwwwww