Mentawai Kirim 26 Kafilah MTQ Tingkat Sumbar

Mentawai Kirim 26 Kafilah MTQ Tingkat Sumbar
Salah satu kontingen dari Kecamatan Siberut Tengah saat mengikuti MTQ Tingkat Kabupaten Mentawai, Desember 2016 lalu.
Kamis, 02 November 2017 08:00 WIB
MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengirim 26 orang anggota kontingen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk mengikuti MTQ ke-37 tingkat Sumatera Barat yang bakal digelar di Kota Pariaman.

Para kontingen akan berlaga selama delapan hari pada 4-11 November 2017. Sebelum berkompetisi, kontingen dilepas Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Jumat (3/11/2017) di Padang. 26 anggota kontingen terdiri dari 14 qori dan 12 qoriah.

Ketua Kontingen Kafilah Kabupaten Mentawai, Syamsir Harahap mengatakan 26 anggota kontingen yang dikirim merupakan kafilah putra-putri terbaik yang telah melewati proses seleksi dan training centre (TC).

"Seleksi dimulai dari pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten. Kemudian, dilakukan training centre hingga akhirnya terpilih 26 orang," kata Syamsir Harahap, Rabu (1/12/2017) di Mentawai.

26 kafilah Mentawai mengikuti enam dari sebelas cabang yang diperlombakan MTQ, yakni cabang Tilawah, Tartil, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tahfiz, dan Khutbah Jumat.

Syamsir menambahkan, keikutsertaan Mentawai pada MTQ tidak hanya mengejar kemenangan, tapi sebagai bentuk partisipasi silaturahmi aktif dari Kabupaten kepulauan Mentawai dalam meramaikan alek keagamaan itu.

"Sasaran utama Mentawai dalam keikutsertaan kali ini lebih mencapai strategi pembinaan MTQ, MDTA dan surau yang menjadi bibit utama dalam menopang keberhasilan pada iven-ivent keagamaan," tegasnya.

Syamsir berharap, 26 kafilahnya berupaya tampil maksimal meski tanpa ditargetkan meraih medali. "Target memang tidak dibebankan kepada anggota kontingen, tapi berikanlah yang terbaik untuk Mentawai," paparnya.(dio)

Editor:Agib Noerman
Kategori:Kepulauan Mentawai, GoNews Group, Lingkungan, Umum

wwwwww