Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kabar Gembira... 550 Kepala Keluarga di Mentawai Terima Bantuan Dana UEP

Kabar Gembira... 550 Kepala Keluarga di Mentawai Terima Bantuan Dana UEP
Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyerahkan bantuan dana Usaha Ekonomi Produktif secara simbolis kepada warga.
Minggu, 29 Oktober 2017 20:01 WIB
MENTAWAI - Sedikitnya 550 kepala keluarga (KK) di Kepulauan Mentawai menerima dana bantuan program Usaha Ekonomi Produktif. Dana sebesar Rp1,1 miliar bersumber dari Kementrian Sosial RI tersebut sudah disalurkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Menurut Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet bantuan dana stimulan program UEP dibagikan melalui rekening bank BNI Cabang Pembantu (Capem) Mentawai. Setiap KK mendapatkan sebesar Rp2 juta.

"Diharapkan melalui dana UEP ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itu manfaatkanlah dana bantuan ini sebaik-baiknya," kata Bupati Yudas usai menyerahkan bantuan dana secara simbolis di desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Minggu (29/10/2017).

Ditambahkan bupati, bantuan dana UEP ini bisa digunakan sebagai suntikan modal usaha bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk pengembangan usaha.

Kepala Dinas Sosial Mentawai, Paulinus Sabelek menjelaskan penerima bantuan program UEP di Kabupaten Mentawai terbagi untuk empat desa di dua kecamatan. Kecamatan Siberut Selatan, Desa Muara Siberut dengan penerima sebanyak 100 KK, dan Desa Muntei sebanyak 150 KK.

Sedangkan di Kecamatan Siberut Utara, dengan desa penerima yakni Desa Malancan sebanyak 150 KK, dan desa Muara Sikabaluan sebanyak 150 KK.

"Tahun ini Mentawai menerima dana UEP sebesar Rp1,1 miliar. Ada empat desa penerima dana UEP dengan jumlah 550 KK. Masing-masing KK mendapatkan dana sebesar Rp2 juta,” kata Paulinus.

Menurut Paulinus, agar program bantuan UEP itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan, maka pihaknya selaku dinas yang mengurusi soal kesosialan di Kabupaten Mentawai menugaskan para pendamping yang direkrut dan diberi pelatihan sebelum ditugaskan ke desa desa penerima bantuan UEP itu.

"Kita turunkan tim pendamping dengan tugas memberi motivasi kepada penerima manfaat. Tujuannya agar modal yang diberikan dapat dikembangkan sesuai harapan pemerintah," tegasnya.

Dinas Sosial Mentawai juga memberikan bimbingan teknis bagi penerima dana bantuan. Bimtek tersebut dimaksudkan tentang tata cara pemanfaatan dana bantuan yang diberikan pemerintah. Program UEP bagi warga miskin berbasis data terpadu.

Selain bantuan UEP tersebut, Kemensos juga mengucurkan bantuan dana stimulan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RSLTH) sebesar Rp300 juta yang dibagikan kepada 20 Kepala Keluarga di kecamatan Siberut Selatan dan kecamatan Siberut Utara.(dio)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/