Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
Internasional
2 jam yang lalu
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
2
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
1 jam yang lalu
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
3
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
1 jam yang lalu
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
4
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
53 menit yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Arema dan Persib Dapat Lisensi Klub Profesional AFC

Arema dan Persib Dapat Lisensi Klub Profesional AFC
Istimewa.
Kamis, 26 Oktober 2017 18:33 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Arema FC dan Persib Bandung dinyatakan lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesinal dengan standar AFC dalam sidang komite lisensi klub PSSI.

Dalam sidang itu, komite juga memberi kesempatan kepada tiga klub, yakni Bali United, Madura United dan Persija Jakarta untuk melengkapi  kriteria lain dalam waktu tiga bulan agar bisa dinyatakan lolos verifikasi.

Lisensi klub professional dengan standar AFC ini sangat penting bagi klub untuk bisa berpartisipasi di kompetisi level Asia, yang pendaftarannya berakhir pada tanggal 22 November mendatang.

Karena itu, perwakilan AFC juga ikut terlibat dalam proses verifikasi lisensi yang sudah dimulai sejak April 2017.

"Komite lisensi klub PSSI sudah menyelesaikan verfikasi. Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan. Kami berharap, klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga mereka bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Untuk mendapatkan lisensi, AFC sudah menetapkan lima aspek penilaian yang harus dipenuhi standarnya oleh klub. Kelima aspek tersebut, yakni adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini). 

Setelah penetapan keputusan oleh Komite Lisensi, tahapan berikutnya adalah memberi kesempatan kepada klub yang tidak lolos untuk menyampaikan banding. Kemudian Komite akan menyampaikan keputusan finalnya pada tanggal 31 Oktober 2017.

Tahun depan, Indonesia memiliki satu jatah klub tampil di babak play off Liga Champions Asia dan dua di Piala AFC 2018. Penentuan jatah klub berdasarkan peringkat klasemen akhir seluruh peserta kompetisi di masing-masing negara.

Namun demikian, hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil. Dalam aturan AFC, mereka akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat 1 sampai 9. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat pemenuhan lisensi AFC.

Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah play off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC.

Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. AFC memberikan deadline hingga 22 November mendatang.

"Untuk pendaftaran kita masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kita akan daftarkan klub sebelum deadline itu," kata Tisha.

Liga 1 musim 2017 akan berakhir tanggal 12 November 2017. Sehingga masih ada waktu sekitar 10 hari untuk pendaftaran klub. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77