Home  /  Berita  /  GoNews Group
Info Kesehatan

Tumor Payudara Bisa Dicegah dengan Rajin Minum Teh

Tumor Payudara Bisa Dicegah dengan Rajin Minum Teh
Ilustrasi.
Senin, 02 Oktober 2017 22:32 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Teh sudah jadi minuman sehari-hari yang disukai banyak orang. Dalam seminggu Anda mungkin minum lebih dari lima cangkir teh. Nah, satu tim ilmuwan dari Swedia rupanya menemukan bahwa minum teh bisa mengutak-atik gen tertentu dalam tubuh wanita dalam jangka panjang.

Alhasil, mereka juga menemukan bahwa risiko tumor payudara terlihat menurun pada beberapa wanita yang rajin minum teh daripada yang tidak. GoNews.co bekerjasama dengan Hello Sehat akan memberikan penjelasannya sebagai berikut.

Efek minum teh pada aktivasi gen dalam tubuh wanita.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Human Molecular Genetics tahun 2017, ada kemungkinan perubahan aktivitas gen pada tubuh wanita yang rutin minum teh. Dalam penelitian ini, perubahan yang terjadi berkaitan erat dengan pengaturan kadar hormon estrogen wanita.

Di dalam tubuh setiap orang, terdapat susunan gen yang begitu rumit dan menakjubkan. Setiap gen memiliki kode khusus yang bertugas untuk mengatur cara kerja setiap organ tubuh pada masing-masing orang.

Akan tetapi, tidak semua gen yang ada dalam tubuh Anda bersifat aktif. Faktor-faktor tertentu seperti lingkungan, gaya hidup, dan pola makan Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai gen yang dimiliki.Jadi misalnya Anda punya gen bawaan dari orangtua yang membuat Anda rentan mengalami obesitas.

Gen ini belum tentu diaktifkan dalam tubuh Anda sehingga tetap ada kemungkinan Anda tumbuh dengan sehat, tidak mengalami obesitas.

Akan tetapi, ketika ada faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat, kebanyakan konsumsi kalori dan lemak jenuh, serta kurang olahraga, gen bawaan tersebut bisa terpicu jadi aktif sehingga Anda pun mengalami obesitas.

Nah, efek teh pada gen di tubuh wanita yang berhasil diamati oleh para ahli kurang lebih bekerja dengan cara seperti itu. Menurut para ahli, menenggak teh bisa mengaktifkan gen yang bertugas untuk mengendalikan kadar hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Perubahan yang terjadi membuat gen memerintahkan tubuh untuk membatasi produksi estrogen. Dengan begitu, wanita yang minum teh bisa mencegah tumbuhnya tumor payudara, yaitu kondisi yang bisa disebabkan salah satunya oleh produksi estrogen berlebihan.

Namun, para ahli masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memahami seperti apa persisnya hubungan antara nutrisi dan kandungan dalam teh dengan perubahan gen pada tubuh wanita. Di samping itu, ilmuwan juga masih harus menguji gen dalam tubuh pria yang suka minum teh.

Berapa batas minum teh yang sehat dalam satu hari?

Meskipun minum teh menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan, kebanyakan minum teh juga tidak baik. Pasalnya, teh mengandung kafein yang bisa menyebabkan gangguan tidur serta kesulitan menyerap zat besi.

Perhatikan juga kadar gula yang Anda tambahkan untuk minum teh. Apakah melebihi batas wajar? Masalahnya, kelebihan gula dalam darah bisa menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis.Itulah mengapa sebaiknya Anda tetap membatasi konsumsi teh. Usahakan agar Anda tidak minum sebanyak lebih dari lima cangkir sehari. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/