Home  /  Berita  /  GoNews Group

Selama 2 Hari, Warga Bukittinggi dan Agam Nonton Bareng Pemutaran Film Sejarah G 30 S/PKI di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi

Selama 2 Hari, Warga Bukittinggi dan Agam Nonton Bareng Pemutaran Film Sejarah G 30 S/PKI di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi
ilustrasi (net).
Minggu, 01 Oktober 2017 18:44 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI - Komando Distrik Militer (Kodim) 0304 Agam menggelar nonton bareng selama 2 hari berturut- turut , yakni pada Sabtu 30 September dan Minggu 1 Oktober 2017 di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi.

Komandan Kodim (Dandim) 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara menyatakan, pemutaran film G 30 S/PKI selama dua malam bertujuan untuk kembali mengingatkan serta memberikan pengetahuan sejarah bagi masyarakat terutama warga Bukittinggi dan Agam .

Pasalnya, kata Salim Kurniawan Dewantara banyak para generasi muda saat ini yang belum paham, bahkan tidak tahu tentang apa yang terjadi pada 30 September 1965 silam. Ini juga untuk refleksi masyarakat bahwa bangsa Indonesia pernah memiliki sejarah kelam, tepatnya pada 52 tahun yang lalu.

"Kegiatan pemutaran film G30S/PKI yang kami kemas dengan kegiatan nobar (nonton bareng) ini, merupakan bagian dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Ada pun maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan sekaligus refleksi sejarah bagi warga masyarakat," kata Dandim, Jumat 30 September 2017.

Menurutnya, target pemutaran film yang dirilis pada tahun 1984 oleh Sutradara Arifin C Noer tersebut, agar masyarakat kembali teringat apabila bangsa Indonesia pernah memiliki sejarah pahit, karena ada pihak- pihak berkuasa dalam pemerintahan Republik Indonesia pada saat itu yang menginginkan menukar ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya.

Salim Kurniawan Dewantara berharap setelah menonton film tersebut, masyarakat Bukittinggi dan Agam dapat semakin kompak dalam menjaga maupun merawat kebhinekaan yang berlandaskan pada Pancasila.

"Harapan kami, masyarakat semakin paham terhadap catatan sejarah Indonesia ketika itu. Sehingga bisa semakin mengerti arti pentingnya Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Untuk itu, kami minta masyarakat dapat berbondong-bondong menyaksikan film tersebut di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi dimulai sejak pukul 20.00 WIB," tandasnya.

Pantauan gosumbar di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi pada malam pertama pemutaran film sejarah tersebut, terlihat antusias ribuan warga Bukittinggi dan Agam memadati lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi.(**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/