Galeri Foto Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual GoRiau.com

Galeri Foto Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual GoRiau.com
Komisioner Dewan Pers Bidang Hukum Antonius Jimmy Silalahi dan staf Sekretariat Dewan Pers Uci Sri Lestari memeriksa kelengkapan GoRiau.com
Minggu, 01 Oktober 2017 08:03 WIB
Penulis: Chairul Hadi
PEKANBARU - Dewan Pers sebagai otoritas pengawas dan regulator di bidang media massa di Indonesia melakukan verifikasi faktual terhadap media online asal Riau, GoRiau.com, Jumat (29/9/2017) lalu. Verifikasi faktual merupakan tindaklanjut dari verifikasi administrasi yang sudah dilakukan Dewan Pers terhadap GoRiau.com awal tahun 2016 lalu.

Tim verifikasi Dewan Pers, yang terdiri dari Komisioner Dewan Pers Bidang Hukum Antonius Jimmy Silalahi dan staf Sekretariat Dewan Pers Uci Sri Lestari melakukan verifikasi faktual terhadap media online GoRiau.com di kantor GoRiau.com di Jalan Kartama, Kelurahan Maharatu, Pekanbaru dan diterima Pemimpin Umum GoRiau.com Hermanto Ansam, Pemimpin Redaksi GoRiau.com Hasan Basril dan tiga wartawan GoRiau.com, yakni Chairul Hadi, Barkah Nurdiansyah dan Ratna Sari Dewi.

Jimmy mengatakan, verifikasi terhadap media merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Namun karena keterbatasan jumlah komisioner Dewan Pers, maka pada gelombang awal ini Dewan Pers hanya melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah media online di tiga provinsi, yakni Riau, Sumatera Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

''Untuk di Riau, ada enam media online yang kita verifikasi faktual, salah satunya GoRiau.com. GoRiau merupakan media online keenam di Riau yang kita datangi dalam dua hari ini,'' ungkap Jimmy.

Selain memeriksa dokumen-dokumen yang telah disiapkan pihak GoRiau.com, Jimmy juga meminta penjelasan kepada Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan tiga wartawan GoRiau.com yang hadir. Jimmy pun memberikan masukan kepada GoRiau.com terkait pengelolaan perusahaan pers dan penyelenggaraan kegiatan jurnalistik.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6436.jpgKomisioner Dewan Pers Bidang Hukum Antonius Jimmy Silalahi dan staf Sekretariat Dewan Pers Uci Sri Lestari saat memeriksa kelengkapan GoRiau.com  

Dikatakan Jimmy, media online yang dinyatakan lolos verifikasi faktual, nantinya akan diberikan nomor atau kode yang ditampilkan di bagian atas laman depannya. ''Kalau memungkinkan nanti kita berikan barkode, sehingga lebih mudah mendeteksinya,'' ujarnya.

Pemimpin Umum GoRiau.com Hermanto Ansam mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers karena memasukkan GoRiau.com sebagai salah satu media online di daerah yang diverifikasi faktual lebih awal.

''Kita berterima kasih kepada Dewan Pers karena GoRiau.com bisa diverifikasi faktual lebih awal. Mudah-mudahan saja kita dinyatakan lolos oleh Dewan Pers dalam verifikasi faktual ini. Kalaupun tak lolos, setidaknya kami bisa tahu lebih awal, dimana kekurangannya, sehingga bisa segera dilengkapi,'' kata Hermanto.

Sementara Pemimpin Redaksi GoRiau.com Hasan Basril mengatakan, GoRiau.com selalu berusaha mematuhi semua aturan terkait penyelenggaraan pers. ''GoRiau.com merupakan media online pertama di Riau yang dinaungi perusahaan pers,'' jelasnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6435.jpgKomisioner Dewan Pers Bidang Hukum Antonius Jimmy Silalahi dan staf Sekretariat Dewan Pers Uci Sri Lestari memeriksa satu persatu data yang disajikan GoRiau.com.

Ditambahkan Hasan, dari 16 wartawan GoRiau.com, 14 diantaranya sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan/Uji Kompetensi Jurnalis (UKW/UKJ) dan dinyatakan kompeten. Dua kompeten di tingkat Utama, tujuh tingkat Madya dan lima tingkat Muda. ''Jadi hampir semua wartawan GoRiau.com sudah kompeten. Tinggal dua lagi yang belum ikut UKW,'' sambungnya.

Pada kesempatan itu Tim Verifikasi Dewan Pers, juga melakukan pengecekan kelengkapan administrasi, ketaatan terhadap UU Pers. Beberapa point yang diperiksa adalah asuransi wartawan atau jurnalis sebagai ketaatan terhadap UU Pers dimana perusahaan pers wajib menjamin keselamatan dan kesehatan wartawan. Karena semua wartawan GoRiau diikutsertakan dalam program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, maka tim Verifikasi Dewan Pers memeriksa kartu BPJS peserta serta sertifikat BPJS Badan Usaha.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6434.jpgRuang kerja Pemred GoRiau.com, Hasan Basril

Selain asuransi berupa BPJS, tim Dewan Pers juga memeriksa upaya GoRiau.com dalam menaati kode etik jurnalistik yang ditunjukkan dengan kode etik perilaku perusahaan dan SOP perlindungan wartawan. Dan khusus untuk UKW, tim Dewan Pers juga memeriksa sertifikat dan kartu UKW Pemimpin Redaksi GoRiau.com serta para wartawan GoRiau.com yang hampir semuanya sudah UKW dan dinyatakan kompeten.

Point penting lain yang diperiksa adalah peralatan kerja yang dimiliki GoRiau.com, baik berupa komputer / laptop, aplikasi-aplikasi hingga perangkat seperti kamera hingga drone yang biasa digunakan untuk meliput.

Berikut foto-foto proses Verifikasi Faktual GoRiau.com oleh Dewan Pers:

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6433.jpgRuang kerja Pimpinan Umum GoRiau.com, Hermanto Ansam

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6432.jpgRuang tamu GoRiau.com

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6431.jpgKomisioner Dewan Pers Bidang Hukum Antonius Jimmy Silalahi saat menjelaskan tentang tujuan verifikasi faktual GoRiau.com  

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6430.jpgKomisioner Dewan Pers Bidang Hukum Antonius Jimmy Silalahi dan staf Sekretariat Dewan Pers Uci Sri Lestari saat diskusi dengan tim GoRiau.com.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6429.jpgKomisioner Dewan Pers Bidang Hukum Antonius Jimmy Silalahi menjelaskan aspek-aspek hukum yang perlu diketahui oleh tim GoRiau.com dalam menjalankan aktifitas pers.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6427.jpgSampel kamera dimana seluruh wartawan GoRiau.com dilengkapi kamera pendukung untuk kerja jurnalistik.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/oke-kantor-6426.jpgDrone GoRiau.com sebagai alat pendukung kerja liputan dari udara.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01102017/besamajpg-6437.jpgFoto bersama usai verifikasi faktual di GoRiau.com

Kategori:Uncategories
wwwwww