Home  /  Berita  /  Olahraga

Hari Kedua, Indonesia Pimpin Perolehan Medali ASEAN Para Games 2017 di Malaysia

Hari Kedua, Indonesia Pimpin Perolehan Medali ASEAN Para Games 2017 di Malaysia
Senin, 18 September 2017 20:28 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Kontingen Indonesia sukses menggeser dominasi tuan rumah Malaysia dalam perolehan medali. Pada hari kedua pelaksanaan ASEAN Para Games IX/2017, Senin (18/9/2017), kontingen Merah-Putih berhasil mendulang total 42 medali, dengan rincian 22 medali emas, sembilan perak dan 11 perunggu.

 Dengan hasil tersebut, Indonesia langsung berada di puncak klasemen sementara perolehan medali, sedangkan Malaysia yang tadi memimpin mengekor di urutan kedua dengan raihan 18 emas, 16 perak dan delapan perunggu.

Setelah pagi harinya mendulang 11 emas dari cabang olahraga renang, sore harinya giliran atletik yang silih berganti menyumbangkan medali emas.

Sebanyak sembilan medali emas dihasilkan dari cabang olahraga ini, kemudian cabang angkat berat berkontribusi sebanyak dua medali emas melalui Nur Jannah Kamsyah yang tampil di kelas 41Kg, dan Ni Nengah di kelas 45 Kg.

CdM Kontingen Indonesia, dr. Bayu Rahadian mengaku bangga dengan perjuangan para atlet Indonesia yang mampu membalikkan keadaan dalam hal perolehan medali atas Malaysia.

"Alhamdulillah agak ringan sedikit jalannya," kata dr Bayu Rahadian di posko kontingen."Luar biasa perjuangan para atlet. Dari pagi kita sudah dibuka dengan medali emas hingga sore hari dengan total 22 medali emas. Dan, kita tak terpengaruh dengan kehebatan tuan rumah saat meraup tujuh emas dari balap sepeda pada hari pertama," tambahnya.

Mengomentari raihan para atlet, Bayu mengatakan jika telah terjadinya pergeseran, namun pergeseran itu berdampak positif bagi Indonesia. "Moment ini harus dipertahankan, karena semangat itu yang lebih utama," pungkasnya.

Sementara itu Presiden National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Seny Marbun mengaku gembira dengan raihan para atlet."Ini awal yang bagus dan akan memotivasi atlet lainnya untuk mendulang prestasi. Kondisi ini makin mempersolid kekuatan Indonesia untuk meraih 107 medali emas sekaligus memastikan gelar juara umum," kata Marbun.

Peringkat ketiga perolehan medali diduduki Vietnam dengan 8 emas, 8 perak, dan lima perunggu. Thailand menyusul di urutan keempat dengan 7 emas, 12 perak, dan 13 perunggu.

Myanmar melengkapi lima besar klasemen sementara perolehan medali ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur, dengan perolehan dua emas, satu perak, dan tiga perunggu. Singapura menyabet satu emas, empat perak, dan enam perunggu. Negara lainnya seperi Laos, Kamboa, Filipina, Timor Leste dan Brunei belum mendapat medali emas.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Olahraga, Pemerintahan, Peristiwa, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77