Home  /  Berita  /  GoNews Group

Targetkan NTO Berkualitas Asia Di Asian Games 2018

Targetkan NTO Berkualitas Asia Di Asian Games 2018
Istimewa.
Jum'at, 15 September 2017 17:37 WIB
Penulis: Azhari Nasution
BANDUNG- Peningkatan kualitas NTO (National Technical Officer), yakni wasit-wasit lokal menjadi salah satu tujuan dari pelaksanaan test event "Road to Asian Games 2018" cabang squash bertajuk Indonesia Squash Junior 2017 kini memasuki pertandingan hari kelima di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis (14/09/2017).

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) bersama PB PSI berusaha menjadikan ajang yang diikuti para atlet nasional serta atlet dari dua negara jiran, Malaysia dan Singapura ini menjadi arena mengasah kemampuan menjadi pengadil di lapangan pertandingan.

Terlebih, kompetisi squash di tanah air tergolong minim. Washington Galingging, selaku Director Sport, Medals, Culture & Services Department INASGOC menjelaskan bahwa setiap test event pasti dihadiri para technical delegate (TD) dan ITO (International Technical Officer).

"Oleh karena itu, seperti di squash ini, panpel dapat belajar dari para expert tersebut guna meningkatkan kualitas saat bertugas di Asian Games 2018," ucapnya.

Menurut Brigitta Tieneke Kijono, manajer kompetisi test event squash, ajang ini diharapkan akan meningkatkan jam terbang sesuai dengan standar internasional squash."Harapan terbesar kami mempunyai wasit lokal yang bisa bertugas saat Asian Games. Target kami, setidaknya ada satu sampai dua NTO yang akan turun langsung langsung saat Games Times. Hal itu akan membanggakan nama Indonesia juga," tambahnya.

Saat ini, bersamaan dengan penyelenggaraan test event, para wasit lokal tengah menjalani latihan peningkatan kualitas di bawah pengawasan Mohamad Arrffan, wasit asal Singapura dengan l kualifikasi ITO dan juga menjabat sebagai Direktur Wasit Southeast Asia Federation.

Arrffan dikenal sebagai referee dan assesor yang sudah berkarir menjadi wasit squash sejak 1984. "Saat ini wasit Indonesia belum mencapai standar internasional, tapi ada satu dua kandidat wasit Indonesia yang berpotensi. Menuju Asian Games 2018, sudah dua tahun ini Saya mengadakan pelatihan untuk wasit-wasit Indonesia menuju sertifikasi standar nasional. Saat ini kami sedang mengejar sertifikasi wasit standar nasional. Kendala utama bagi wasit Indonesia adalah penguasaan bahasa Inggris. Namun selama test event ini,  kemampuan memahami istilah peraturan squash dan berbahasa Inggris mereka semakin membaik,” ucap Arrffan. 

Menurutnya, dari ajang test event ini dapat memberikan pengalaman berharga dan memperbanyak jam terbang wasit Indonesia sehingga dapat mempraktikkan teori-teori tentang peraturan squash yang sudah mereka miliki. 

"Saat games times, Indonesia dapat menjadi wasit pedamping dengan syarat memiliki sertifikasi nasional. Sebelumnya, wasit Indonesia juga sudah dilatih tidak hanya di test event ini tetapi juga pelatihan di Malaysiia, Singapuran dan Thailand,” tambahnya.

Penyerahan medali telah didistribusikan untuk kategori tunggal putra putri pada 12 September 2017 lalu dan Indonesia berhasil memperoleh satu medali emas dan satu perunggu di kategori putra, satu medali perunggu di kategori tunggal putri.

Adapun hasil sementara nomor tim putra di babak ketiga hari ini (14/09/2017), grup A posisi pertama masih ditempati Malaysia, diikuti Jateng, Sumsel dan Riau. Grup B pun posisi pertama  masih ditempati DKI Jaya, diikuti Jabar, Singapura dan Kaltim.

Begitu pula di kategori putri, tidak ada perubahan posisi. Grup A, posisi pertama (sementara) ditempati Malaysia, diikuti Jabar, DKI Jaya, Riau. Grup b pertama (sementara) ditempati Kaltim, diikuti Singapura, Jateng dan Sumsel.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/