Home  /  Berita  /  GoNews Group

Siapakah Sebenarnya Ustad Abdul Somad? Ternyata Seperti Inilah Aslinya!

Siapakah Sebenarnya Ustad Abdul Somad? Ternyata Seperti Inilah Aslinya!
Istimewa.
Sabtu, 19 Agustus 2017 04:03 WIB
Penulis: Jonru Ginting
NAMA - Ustadz Abdul Somad, tiba-tiba mendadak terkenal di media sosial. Video-video ceramahnya tersebar di mana-mana, di-share oleh banyak orang. Saya pun awalnya heran, kenapa banyak banget orang yang mengidolakan beliau? Siapa sebenarnya dia?.

Semula saya mencoba cuek saja, belum tertarik sama sekali untuk cari tahu. Namun karena perbincangan tentang beliau makin gencar, bahkan teman-teman terdekat pun ikut membicarakannya, maka akhirnya saya menyerah. Saya coba simak video-video ceramahnya.

Setelah itu, tiba-tiba saya kaget, terperangah, terperanjat (halah!), karena menemukan 7 fakta mengenai Ustad Abdul Somad. Anda perlu menyimak ini, supaya tahu siapa beliau sebenarnya. Supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Berikut ke-7 fakta tersebut. Setidaknya inilah fakta versi saya (Jonru Ginting, red).

1. Ustadz Abdul Somad adalah tokoh lokal dari Riau yang menjadi terkenal se-Indonesia karena banyak video ceramahnya yang viral.

2. Beliau asli Ustadz, sudah S2 di bidang agama, lulusan Al Azhar Kairo dan S2 di Maroko pula. Jadi dari segi ilmu, beliau sangat berkompeten.

3. Beliau adalah "hasil kawin silang" antara ustadz lucu dan ustadz berkualitas. Selama ini kedua jenis ustadz tersebut seperti air dan minyak. Tak mungkin bersatu.

Namun Ustadz Abdul Somad berhasil mengawinkan keduanya. Ceramah-ceramah beliau selain “bergizi tinggi”, juga enak didengar, dan porsi lucunya pun sewajarnya saja. Tidak berlebihan.

4. Gayanya sangat sederhana.

5. Beliau bukan tipe ustaz kharismatik. Masyarakat menghormati beliau karena ilmunya, bukan karena kharismanya.

6. Beliau juga bukan tipe ustadz stereotif (maksudnya kelihatan banget gayanya seperti ustadz pada umumnya). Gaya beliau biasa saja. Seperti orang kebanyakan.

Mendengar ceramah beliau, kita seperti mendengar ucapan orang biasa yang kebetulan pintar di bidang agama.

7. Banyak yang menyebut ustadz Abdul Somad sebagai pengganti K.H. Zainuddin MZ. Dari segi popularitas bolehlah. Namun dari segi karakter, keduanya sangat jauh berbeda.

KH Zainuddin MZ itu kharismatik, stereotif, dan lebih cocok tampil di acara tabligh akbar. Sementara ustadz Abdul somad tidak kharismatik, tidak stereotif, dan lebih cocok tampil di acara-acara kajian yang terbatas.

Dan alhamdulillah, beliau beruntung hidup di era sosmed, yang menyebabkan ceramah-ceramah beliau yang kebanyakan berskala lokal pun akhirnya bisa dinikmati oleh umat Islam se-Indonesia.

Kenapa banyak orang yang suka men-share video-video ceramah ustadz Abdul Somad? Tentu saja karena mereka suka. Kenapa mereka suka? Menurut saya, karena ke-7 faktor di atas. Tak perlu lagi saya bahas satu-persatu, kan?

Yang jelas, Ustadz Abdul Somad ini unik banget. Sederhana, apa adanya, namun “penuh gizi” sekaligus menghibur. Keren luar biasa!

Karena itu, jika Anda belum nonton video ceramah ustadz Abdul Somad, buruan tonton sekarang juga. Jangan sampai menyesal.

Alhamdulillah, kita sebagai umat Islam Indonesia perlu bersyukur karena memiliki seorang ulama seperti ustad Abdul Somad.

Dan saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada teman-teman yang selama ini menshare video-video ceramah ustadz Abdul somad. Semoga share-share Anda menjadi amal jariah yang pahalanya terus mengalir hingga akhirat kelak. Aamiin….Penulis adalah Kritikus dan Pemerhati Politik Sekaligus Pemilik Blog Jonruginting

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77