Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
Internasional
2 jam yang lalu
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
2
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
1 jam yang lalu
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
3
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
51 menit yang lalu
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
4
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
30 menit yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Usir Kawanan Kera, Seratusan Penembak Jitu dari TNI dan Polisi Dikerahkan

Usir Kawanan Kera, Seratusan Penembak Jitu dari TNI dan Polisi Dikerahkan
Ilustrasi. (int)
Kamis, 03 Agustus 2017 14:40 WIB
BOYOLALI - Sekitar seratusan penembak jitu dari TNI, Kepolisian dan Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) dikerahkan untuk mengusir kawanan kera liar yang menyerang tanaman warga di Boyolali, Jawa Tengah.

Dalam dua bulan terakhir kawanan kera liar gencar menyerbu ladang dan pemukiman warga di Boyolali. Akibatnya puluhan hektar tanaman jagung, umbi-umbian dan tanaman buah milik warga rusak. Hasil panen warga menurun drastis akibat serbuan kawanan kera liar yang datang secara berkelompok dengan jumlah sekitar 50 ekor.

Para penembak jitu memburu kera liar mulai Kamis (3/8) hingga sepekan ke depan. Perburuan kera liar juga melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.

Penembak jitu disebar di lokasi yang kerap dijadikan sasaran kera menjarah tanaman dan makanan milik warga. Semisal di Desa Sendang dan Karanggede.

''Perburuan ini bukan untuk membunuh atau memusnahkan kawanan kera, tapi untuk mengamankan lahan dan pemukiman warga. Kami menggunakan peluru karet, bukan peluru tajam. Kera yang tertangkap akan diserahkan ke BKSDA,'' ujar Kapolsek Karanggede, AKP Margono, Kamis (3/8).

Margono berharap cara ini berhasil. Sebab, keberadaan kawanan kera itu sudah meresahkan warga. Serbuan kawanan kera memang rutin terjadi setiap musim kemarau.

''Rusaknya kawasan lereng Gunung Merapi tempat hidup habitat asli kera diduga menjadi penyebab kera-kera turun gunung dan menjarah hasil pertanian warga,'' tegasnya.

Sebelum mendatangkan para penembak jitu, warga sudah berusaha menghalau kera-kera dengan kayu dan bambu. Namun kera-kera selalu datang kembali.

Mereka juga berusaha menangkap kera dengan memagari ladang menggunakan jaring. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Kawanan kera bahkan merusak jaring sehingga warga justru semakin rugi.

''Semakin diusir, kera-kera itu malah semakin galak dan nekat. Mereka pergi sebentar, lalu datang lagi dengan jumlah lebih banyak,'' ujar Purwanto (45) seorang warga Desa Karanggede.

Selain menjarah hasil ladang, kawanan kera juga menyerang warga setempat. Tercatat 13 warga telah menjadi korban serangan kera-kera yang kelaparan itu. Para korban semuanya terdiri dari anak-anak dan manusia lanjut usia.

''Mereka mulai menyerang warga. Korban terakhir adalah Mbah Parmo, (82). Dia diserang Selasa (1/8) lalu dan terluka cukup parah. Ada 42 jahitan di lengan dan dada,'' ucap Kepala Desa Sendang, Karanggede, Sukimin.

Sukimin menceritakan, Mbah Parmo berusaha mengusir beberapa ekor kera yang mendekati kandang ayam miliknya dengan menggunakan kayu. Namun, kawanan kera itu malah menyerang balik dengan beringas.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77