Home  /  Berita  /  Politik

Lobi Dua Partai Soal Pemilu Dibalik Pertemuan Prabowo-SBY

Lobi Dua Partai Soal Pemilu Dibalik Pertemuan Prabowo-SBY
Pertemuan SBY dan Prabowo di Cikias. (Dedy/GoNews.co)
Jum'at, 28 Juli 2017 01:59 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Partai Demokrat intensif menggelar dialog dengan Partai Gerindra sejak DPR mengesahkan RUU Pemilu yang mensyaratkan dukungan pencalonan presiden minimal sebesar 20 persen kursi anggota DPR atau 25 persen dari total suara nasional.

Puncaknya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertamu ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Kamis malam, 27 Juli 2017.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan pihaknya mulai membuka komunikasi dengan partai lain sejak DPR mengesahkan RUU Pemilu.

"Begitu keluar putusan 20 persen, tentu dialog itu menjadi menu utama antara pengurus partai," kata Hinca saat ditemui di Cikeas, Kamis malam, 27 Juli 2017.

Menurut Hinca, sebelum pertemuan besar ini digelar, kedua partai sering dialog mengenai pengesahan itu. Kemudian mereka mengagendakan bertemu di Cikeas. Namun dia enggan menjawab apakah pertemuan ini terkait dengan rencana koalisi pada Pemilihan Presiden 2019.

Rencananya pertemuan akan dihadiri pengurus inti Demokrat, termasuk putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono. Sedangkan, dari Gerindra, Prabowo juga akan didampingi pengurus inti, termasuk Ahmad Muzani dan Fadli Zon.

Sebuah pendopo depan rumah SBY disiapkan sebagai penyambutan. Kursi dan meja disusun melingkar. Hidangannya adalah nasi goreng beserta gerobaknya dan menu tradisional lainnya. Petugas keamanan setempat telat mengatur posisi duduk.

"Perjumpaan dua partai ini akan memperbincangkan masalah negara, pemerintahan, dan kehidupan politik yang terjadi hari-hari lalu dan ke depan," ujar Hinca.

"Terkait detailnya, nanti akan kami sampaikan setelah pertemuan itu berlangsung."

Hinca menambahkan, pihaknya juga membuka komunikasi dengan partai lain selain Gerindra. Namun ia tak menyebut nama partai yang sudah diajak berdialog. Wartawan menanyakan apakah itu PAN dan PKS? Hinca hanya bergeming.

Sejumlah politikus dari Partai Demokrat mulai berdatangan di kediaman SBY sejak sore hari. Wakil Ketua Demokrat Syariefuddin Hasan mengatakan bahwa pertemuan ini digelar untuk membahas persoalan bangsa dan negara.

"Nanti akan membicarakan masalah bangsa dan negara," kata dia.

Para politikus sejak pukul 18.30 mulai berdatangan ke rumah SBY. Di antaranya adalah Syarief, kemudian Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Panjaitan, Kader Demokrat Roy Suryo, Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat Agus Hermanto, dan sejumlah politisi lainnya.

Prabowo dan politikus Gerindra belum tiba hingga pukul 20.00. Menurut seorang petugas keamanan setempat, pertemuan Prabowo dan Ketua Umum Partai Demokrat SBY dilakukan sekitar pukul 21.00 WIB. ***

Sumber:Tempo.co
Kategori:Politik, Pemerintahan, Peristiwa, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/