Home  /  Berita  /  GoNews Group
Ragam

Wanita Berkulit Putih Lahirkan Bayi Kembar dengan Warna Kulit Berbeda, Kok Bisa?

Wanita Berkulit Putih Lahirkan Bayi Kembar dengan Warna Kulit Berbeda, Kok Bisa?
Bayi kembar Kalani dan Jalani Dean. (kompas.com)
Senin, 10 Juli 2017 21:09 WIB
JAKARTA - Whitney Meyer melahirkan dua bayi kembar berjenis kelamin wanita dengan warna kulit yang berbeda.

Perbedaan warna kulit bayi kembar bernama Kalani dan Jalani Dean itu membuat orang-orang yang melihatnya merasa heran.

Dua anak itu merupakan gambaran unik dari orangtua mereka. Kalani mewarisi kulit terang dan putih serta mata biru dari ibunya yang memang berkulit putih, sedangkan Jarani memiliki kulit dan mata cokelat seperti ayahnya yang keturunan Afrika.

Walau perbedaan fisik keduanya mencolok, mereka memiliki DNA yang sama.

Orangtua mereka, Whitney Meyer dan Tomas Dean, dari Quincy, Illinois, mengunggah foto kembar unik itu sejak mereka lahir April 2016 lalu, dan segera menjadi viral.

Adapun fenomena genetis yang terjadi pada Kalani dan Jarani adalah kejadian amat langka.

Menurut ahli genetika populasi dari Universitas Edinburgh, Jim Wilson, ada satu dibanding 500 kemungkinan terjadinya bayi kembar dengan warna kulit berbeda dari orangtua yang juga berasal dari ras berbeda.

Dalam kasus di atas, Kalani dan Jarani adalah kembar dizygotic, alias berasal dari sel telur berbeda. Kembar lainnya adalah monozygotic (kembar identik), di mana anak kembar berasal dari satu sel telur yang kemudian membelah diri.

Pada kembar dizygotic, setiap embrio mendapatkan gen berbeda dari ayah dan ibunya. Karena ada banyak sekali gen yang mengendalikan warna kulit dan mata, maka embrio tersebut bisa saja mendapatkan gen berbeda sehingga anak yang lahir akan memiliki warna kulit tidak sama.

Keunikan itu membuat ibunya menjadikan Kalani dan Jarani sebagai simbol anti rasisme dan ajakan untuk mencintai semua orang dengan setara.

''Mereka adalah gadis yang sama, hanya berbeda warna kulit. Kita seharusnya mencintai keduanya, dan mencintai semua orang apapun warna kulitnya,'' ujar Meyer seperti dikutip Today saat ulang tahun pertama kedua anaknya April lalu.***

Editor:hasan b
Sumber:kompas.com
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/