Loading...
Home >  Berita >  Agam

Wagub Sumbar Buka TMMD 99 Tahun 2017, TNI Siap Bantu Benahi Infrastruktur Jalan Sepanjang 6 KM di Sitingkai Agam

Wagub Sumbar Buka TMMD 99 Tahun 2017, TNI Siap Bantu Benahi Infrastruktur Jalan Sepanjang 6 KM di Sitingkai Agam
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit secara resmi membuka kegiatan TMMD 99 Tahun 2017 di Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Agam didampingi Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari dan Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim KD.
Selasa, 04 Juli 2017 22:47 WIB
Penulis: Jontra
AGAM - Secara serentak program tahap awal TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Tahun Anggaran 2017 dibuka di wilayah Kodam I/Bukit Barisan, Rabu 4 Juli 2017. Khusus wilayah Korem 032/Wirabraja, kegiatan TMMD kali ini digelar oleh Kodim 0304/Agam di Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam.

Sasaran program TMMD kali ini adalah pembangunan fisik dan non fisik berupa infrastrukrur, sarana dan prasarana fasilitas umumnya di Sitingkai, Kabupaten Agam.

Dalam TMMD 99, Wakil Gubernur Nasrul Abit berharap agar kegiatan yang dulu bernama ABRI Masuk Desa (AMD) itu bisa membuka isolasi antar desa di daerah-daerah terpencil dan terbelakang, serta membantu lancarnya kegiatan pencapaian program swasembada pangan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI atas bantuannya dalam ikut serta membangun Kabupaten Agam,” ujar Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan Pemprov Sumbar sangat mendukung percepatan pembangunan di tengah- tengah masyarakat, dan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang antusias mendukung program TMMD/N Ke 99 Tahun 2017 di wilayah Kodim 0304/Agam.

Untuk sasaran TMMD 99 di Kabupaten Agam ini mencakup sasaran proyek berupa sasaran fisik pengerasan jalan sepanjang badan jalan sepanjang 6000 Mx 6 M, pemasangan plat deker panjang 2 m x 4 m sebanyak 4 m dan pemasangan box culvert panjang 3 m x 6 m dan bronjong.

Sedangkan, sasaran non fisik berupa bimbingan kepada masyarakat, penerangan, dan penyuluhan dalam hal pembinaan mental dan agama, penyuluhan bela negara, kamtibmas dan narkoba, KB Kes, peternakan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan, agama, hukum, bahaya ISIS dan penyuluhan penerimaan TNI.

Untuk waktu operasi TNI Manunggal Membangun Sitingkai dihelat selama 30 hari yang efektif dimulai pada 4 Juli hingga 2 Agustus 2017 nanti. Selain Wakil Gubernur Nasrul Abit, pembukaan TMMD, juga dihadiri oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, Dandim 0304 Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara, para Dandim seluruh Sumbar.

Pada upacara pembukaan ini bertindak sebagai komandan upacara Kapten Arh Herman (Danramil 12/Palupuh/Agam) dan diikuti oleh satu pleton Korsik dari Ajenrem 032/Wbr, Kompi gabungan satu (Kodim 0304/Agam, Yonif 133/YS dan TNI AL), Kompi gabungan dua Polres Bukittinggi, Satpol PP, dan Damkar Agam, pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat.

TMMD di Kabupaten Agam ini  bertujuan membantu pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan di daerah dan terwujudnya Kemanunggalan TNI dan Rakyat secara serasi dan terpadu.

Pelaksanaaan TMMDN ke 99 Tahun 2017 di wilayah Kodim 0304/Agam dimulai dari tanggal 4 Juli sampai dengan 2 Agustus 2017 dengan tema "dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah".

Sasaran TMMD kodim 0304/Agam terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik diantaranya pembukaan dan pengerasan jalan Sitingkai-Paraman  dengan panjang jalan 5.700 M dengan kelebaran 6 M, pengecoran rabat beton jalan serta pemasangan bronjong. Sedangkan untuk sasaran non fisik antara lain penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Layanan kesehatan, kamtibmas, serta pelayanan KB. Dengan kekuatan personel TNI berjumlah 135 orang ditambah dari unsur masyarakat sebanyak 100 orang.

Setelah kegiatan pembukaan TMMD/n Ke 99 Kodim 0304/Agam ini, dilanjutkan dengan kegiatan tambahan berupa pengobatan massal yang digelar oleh para medis RST TK IV Kota Bukittinggi yang dipimpin oleh Mayor Ckm Tukimin sedangkan pasien yang akan mengikuti pengobatan gratis diperkirakan sekitar 50 Orang yang terdiri dari kalangan masyarakat Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam.

Turut hadir dalam acara pembukaan TMMD ke 99 Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Bhakti Agus Fadjari S.I.P, M.Si., Forkominda Kabupaten Agam, Wakapolres Bukittinggi Kompol Dasvery Abdi S.I.K, SKPD Agam, Para Dandim jajaran Rem 032/Wirabraja, para Danramil di Kodim 0304 Agam, Muspika Sekabupaten Agam, Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang Kecamatan Palupuh, Agam.(**)


Loading...
www www