Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Mila Kunis dan Ashton Kutcher Tolak Perankan Kembali Film "That '90s Show" Season 2
Umum
6 jam yang lalu
Mila Kunis dan Ashton Kutcher Tolak Perankan Kembali Film That 90s Show Season 2
2
Dapak Izin SC Heerenveen, Nathan Siap Bela Timnas U 23 Indonesia
Olahraga
7 jam yang lalu
Dapak Izin SC Heerenveen, Nathan Siap Bela Timnas U 23 Indonesia
3
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
Umum
6 jam yang lalu
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
4
Perjuangan Melawan Penyakit SPS, Celine Dion Berharap Mukjizat
Umum
6 jam yang lalu
Perjuangan Melawan Penyakit SPS, Celine Dion Berharap Mukjizat
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Polisi Jadi Sasaran Utama Teroris, Ini Penyebabnya Menurut Kapolri

Polisi Jadi Sasaran Utama Teroris, Ini Penyebabnya Menurut Kapolri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (tempo.co)
Senin, 26 Juni 2017 09:31 WIB
JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku sangat prihatin dengan serangan yang terus terjadi terhadap aparat kepolisian.

Kapolri mengatakan, sudah lama polisi menjadi sasaran utama kelompok teroris di Indonesia. ''Seperti yang berkali-kali saya sampaikan, polisi dianggap kafir. Jadi, harus diprioritaskan (oleh teroris),'' kata Tito di tengah acara halal bihalal di Istana Kepresidenan, Minggu , 25 Juni 2017, seperti dikutip dari tempo.co.

Menurut Tito, teroris menganggap polisi kafir yang harus diperangi karena dianggap melawan Allah dan Rasulullah dengan berbuat makar di dunia. Teroris, kata dia, menganggap Indonesia adalah negara yang ''thoghut'' atau menyembah selain Allah.

Tito mengatakan, agenda teroris di Indonesia yakni menegakkan Indonesia sebagaimana ideologi mereka, yakni negara khilafah.

Orang-orang dengan paham seperti itu mengkategorikan kafir menjadi dua bagian. Pertama, ada kafir yang memusuhi mereka secara aktif sehingga harus dilawan.

Kedua, ada kafir yang tidak aktif menyerang, namun suatu saat akan ditundukkan. ''Polisi yang karena tugasnya menegakkan hukum dan memberantas teroris berada di garis terdepan, maka harus diserang pertama,'' kata Tito.

Kapolri menyebut, penyerang polisi di Polda Sumatera Utara adalah sel dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD)."Ini disinyalir masih ada sel dari kelompok JAD yang punya inten, yang niat melakukan serangan di sana," kata Tito.

Jaringan yang disebut Tito menyerang polisi dengan modus yang sudah dikategorikan nekad. Dua dari mereka melompat pagar dan masuk ke dalam pos jaga 3 Markas Polda Sumatera Utara, pada hari-hari polisi sibuk bersiaga mudik Lebaran 2017.

Ajun Inspektur Satu Polisi Martua Sialingging, anggota Satuan Pelayanan Markas Polda Sumatera Utara, tewas ditikam komplotan itu. Seorang dari penyerang Sigalingging, juga mati di tempat, setelah ditembak anggota Satuan Brigade Mobil Polda Sumatera Utara, yang sedang piket di sana.

Kapolri mengaku sebelumnya sudah ada tiga terduga teroris yang ditangkap dan kedua pelaku tersebut merupakan sisa sel yang tersisa. ''Mudah-mudahaan kekuatannya tidak terlalu besar,'' kata dia.

Atas penyerangan itu, Kapolri memerintahkan semua jajarannya, baik kesatuan maupun pribadi, untuk memperkuat pengamanan masing-masing.

''Perkuat pengamanan masing-masing satuan di kantor atau pribadi masing-masing,'' ujar Tito.

Terakhir, Tito menyampaikan bahwa Kepolisian akan terus mengembangkan temuan mereka soal serangan ke Mapolda Sumut.***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group, Hukum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/