Home  /  Berita  /  GoNews Group

Cek Kesiapan Arus Mudik, DPD RI Kunjungi Pelabuhan Tanjung Priuk dan Terminal Pulo Gebang

Cek Kesiapan Arus Mudik, DPD RI Kunjungi Pelabuhan Tanjung Priuk dan Terminal Pulo Gebang
Istimewa.
Jum'at, 23 Juni 2017 22:33 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi mudik lebaran 2017, kamis (22/6/2017) yang lalu.

Nono  menilai kesiapan pelabuhan tanjung priuk sudah sangat siap.

"Saya cek dari fasilitas disini sudah cukup baik, posko kesehatan, posko keamanan juga sudah siap. Apalagi fasilitas musolah dan tempat tisur layaknya hotel juga menjadi keunggulan daei mosa transportasi laut  ini dibandingkanndengan moda transportasi lainnya," ucap Nono.

Dalam kesempatan yang sama, hadir Wakil Ketua Komite III Fahira Idris, menurutnya promosi moda transportasi laut masih kurang sehingga menimbulkan trend penurunan pemudik via laut.

"Saya lihat fasilitas sudah baik, hanya saja kurang maksimal promosinya. Bayangkan jika Pelindo bisa promosi ke perusahaan yang ingin mengadakan mudik gratis kepada karyawan dan masyarakat sekitar, maka pengunaan moda transportasi laut ini akan menyerap penumpang yang cukup banyak," ucap Senator DKI Jakarta.

Terkait soal penyelundupan narkoba dan gangguan keamanan lainnya di pelabuhan yang marak saat mudik, Nono meminta agar bisa diperketat dengan hadirnya BIN dan kepolisian yang siaga.

Hal senada soal menurunnya peminat mudik via laut diamini oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priuk, Nyoman Gede.

"Belum terjadi lonjakan penumpang, malah ada kecenderungan turun dalam 5 tahun kebelakang, mungkin karena pengguna beralih ke moda kereta api dan maskapai penerbangan," ujarnya.

Menurut Nyoman Luas Dermaga penumpang 170m2, sehingga cukup untuk menampung pemudik yang diimbangi juga dengan frekuensi kapal yang hilir dan mudik.

Tentang Penyelundupan narkoba dan senjata tajam, nyoman menyampaikan bahwa saat ini pemeriksaan dengan x ray sudah diterapkan dan diharapkan bisa efektif untuk mencegah penyelundupan narkoba dan senjata berbahaya lainnya.

Di akhir kunjungan Pelabuhan tanjung priuk, Wakil Ketua DPDRI berharap agar masyarakat luas bisa mengetahui fasilitas yang baik di moda transportasi laut.

"Kami hadir untuk mengecek dan mengukur kesiapan pemerintah menghadapi mudik lebaran 2017, diharapkan dengan adanya publikasi media ini akan menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang kesiapan pemerintah dalam mengakomodir kegiatan warga yang mudik," pungkas Nono yang juga Senator Maluku. 

Selanjutnya, Rombongan melanjutkan peninjauan ke terminal bis Pulo Gebang untuk melihat kesiapan moda transportasi darat antar kota antar provinsi.

Disini Wakil Ketua DPDRI mengecek pengetesan kesehatan bagi para supir bis.

"Saya menurut saya sudah dijamin keamanan dan keselamatan penumpang, karena sebelum bertugas supir  bis di cek urin nya untuk memastikan bebas alkohol dan narkoba," katanya.

Nono sampono juga mengecek posko kesehatan, loket penjualan tiket elektronik yang sudah beroperasi dengan baik.

Menurut Nono pengecekan kesiapan unit bis yang disebut dengan running check juga sudah berjalan baik. 

"Peningkatan pelayanan harus baik, kalau terminal seperti ini harus sistem online dan mengurangi calo. Terminal sudah bagus modern harus diimbangi teknologi yang modern juga," ucap Nono.

Selain itu Nono Sampono didampingi Senator DKI Fahira Idris juga melihat-lihat kondisi bis-bis di terminal Pulogebang yang siap mengangkut penumpang mudik lebaran 2017.

"Kami cek prosedur sebelum bis berangkat juga sudah ketat, ada periksa rem,  lampu utama, lampu sign, tekanan angin sampai kepada lampu rem, saya harap pengemudi bis tidak ugal-ugalan juga dijalan sehingga bisa menurunkan tingkat kecelakaan dijalan," tutupnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/