Loading...
Home >  Berita >  Bukittinggi

Bukit Barisan Bersinar, Pangdam 1 BB Mayjen TNI Cucu Somantri Resmikan Pemakaian Lampu Lemtera Untuk Warga di Agam

Bukit Barisan Bersinar, Pangdam 1 BB Mayjen TNI Cucu Somantri Resmikan Pemakaian Lampu Lemtera Untuk Warga di Agam
Pangdam 1 Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri didampingi Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Bhakti Agus Fadjari, Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan saat peresmian Lemtera di salah satu rumah warga di T
Kamis, 22 Juni 2017 21:14 WIB
Penulis: Jontra
AGAM- Guna mewujudkan seluruh kawasan di Kodam 1 Bukit Barisan Bersinar, Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) 1/Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri mendatangi kawasan yang masih belum di terangi listrik di Kabupaten Agam, sekaligus meresmikan pemakaian Lampu Tentara Rakyat (Lamtera) di Tanjung Medan, Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam-Sumbar pada Rabu 21 Juni 2017 malam.

Cucu Somantri secara resmi juga menghidupkan lampu di rumah salah satu warga Tanjuang Medan yang bernama Eni. Sebanyak 717 KK di Agam yang selama ini hidup dalam kegelapan segera berubah jadi terang - benderang.

"Dengan terlaksananya program ini merupakan sebagai sebagai wujud Negara hadir di tengah - tengah masyarakat," ungkap orang nomor satu di Kodam Bukit Barisan itu.

Berjalannya program Lamtera, merupakan bentuk kepedulian militer dalam membuat wilayah Kodam 1/Bukit Barisan bersinar.

Sebagai langkah permulaan, Pangdam menjadikan wilayah Kodim 0304/Agam sebagai daerah pertama yang bebas dari kegelapan akibat ketiadaan listrik sejak republik ini merdeka.

‘’Kita harapkan di masa yang akan datang, semoga semua wilayah kita yang masih gelap gulita segera terang,’’ ucapnya.

Pangdam juga mengatakan, penggunaan Lamtera selain membuat Agam menjadi terang, juga menghemat warga dalam hal pembiayaan dalam pemakaian listrik

Karena, selama ini, sebelum adanya Lamtera, warga hanya bisa mengandalkan lampu minyak yang tentu saja boros energi dan biaya dalam pengoperasiannya.

“Jika diestimasikan, dalam satu bulan saja warga mengeluarkan Rp150 ribu perbulan untuk beli minyak tanah. Saat ini, hal itu sudah berlalu. Diperlukan beberapa ribu Rupiah saja untuk biaya perawatan Lamtera perbulannya,’’ ucap Pangdam.

Lamtera yang digunakan Kodam 1/Bukit Barisan, merupakan Lampu Listrik Mandiri Masyarakat (Limar) ciptaan pria yang berjasa dalam dunia kelistrikan Indonesia yang telah menemukan 70 penemuan listrik baru yakni Ujang Koswara atau akrab disapa Ujang Lampu.

Lampu hemat energi ini, berupa bohlam LED yang seterang bohlam 10 watt konvensional yang sumber kelistrikannya dari accu berkekuatan 35 ampere.

Sementara itu, Dandim 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan mengungkapkan lampu ini akan bermanfaat dalam jangka waktu yang lama. Salim mengatakan, jika suatu saat nanti PLN membangun jaringan listrik ke wilayah tersebut, maka Lamtera juga bisa berfungsi sebagai lampu cadangan, jika listrik milik PLN mati dan tidak berfungsi.

‘Inovasi ini akan sangat bermanfaat sekali bagi warga masyarakat, Salim Kurniawan Dewantara.

Pereresmian Lamtera itu juga dihadiri oleh Danrem 032/Wirabraja Sumbar Brigjen TNI Bhakti Agus Fadjari, Penemu teknologi Lamtera Ujang Koeswara, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, Perwakilan dari PT Semen Padang serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Sebelumnya, Kodim 0304 Agam juga memberikan hadiah beberapa perlombaan bidang keagamaan yang diadakan di Makodim 0304 Agam. Selain itu juga tak lupa memberikan santunan terhadap anak Yatim Piatu yang berada di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. Momen Idul Fitri ini kita manfaatkan untuk berbagi dengan sesama, agar mereka juga turut bahagia disaat lebaran tahun 1438 Hijriah tahun 2017 ini, pungkas Salim Kurniawan Dewantara (**)


Loading...
www www