Solok Selatan akan Bangun Menara Pandang untuk Melihat Keindahan Kampung 'Seribu Rumah Gadang'

Solok Selatan akan Bangun Menara Pandang untuk Melihat Keindahan Kampung Seribu Rumah Gadang
Senin, 19 Juni 2017 05:45 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
SUNGAI PAGU- Solok Selatan memiliki kampung adat ''Seribu Rumah Gadang''. Kampung ini akan menjadi destinasi wisata nasional yang akan mendorong semakin banyaknya wisatawan ke Sumatera Barat. Untuk mendukung program tersebut, Pemkab Solok Selatan akan membangun sebuah menara pandang, yang akan menjadi lokasi indah untuk melihat apiknya kampung adat tersebut.

''Kita menyambut baik ide dan gagasan Pemkab Solok Selatan yang akan membangunan Menara Pandang yang dapat melihat dari ketinggian indahnya atap gonjong Seribu Rumah Gadang,'' ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat melakukan kunjungan ke lokasi destinasi wisata Seribu Rumah Gadang Solok Selatan yang didampingi oleh Wakil Bupati Abdul Rahman, dan beberapa kepala OPD provinsi Sumbar dan Pemkab Solsel, Sabtu (17/6/2017).

Dikatakan, Kampung Adat ''Seribu Rumah Gadang'' Solok Selatan memiliki potensi yang bagus sebagai salah satu wisata budaya di Sumatera Barat.

''Pembangunan  menara pandang di lokasi kawasan Seribu Rumah Gadang sesuai program pembangunan Pemkab Solsel tentu akan semakin menarik minat orang ingin datang. Selain juga keramahan dan kreatifitas invonasi masyarakat dengan berbagai kegiatan khas budaya tradisinya akan semakin menarik untuk orang berlama-lama di lokasi wisata ini. Makin lama orang menikmati keindahan dan keingintahuan budaya Solsel maka akan makin bertambah pula pendapatan masyarakat,'' ujarnya.

Pada kunjungan ini, Wagub Nasrul Abit yang mengitari semua kawasan wisata Seribu Rumah Gadang dan mendapat sambutan hangat dan ceria dari masyarakat setempat.  Dari cerita yang berkembang kiranya Pak Nasrul Abit juga merupakan keturunan suku Panai Sungai Pagu Solsel yang merantau ke tanah Air Haji Pesisir Selatan.

''Bagi ambo mengunjungi Solok Selatan ini ibarat pulang kampuang, menemui para dunsanak terutama dari suku Panai. Di Air Haji, ambo kini lah diamanahi gelar Datuk Malintang Panai,'' kata Nasrul Abit ceria.

Pada kesempatan itu, rombongan juga melakukan dialog dengan beberapa orang masyarakat sambil menaiki rumah apa-apa yang menjadi menarik perhatian wisatawan ingin berkunjung ke lokasi Seribu Rumah Gadang.

''Kita senang dan bangga masyarakat di kawasan Seribu Rumah Gadang ini kelihatan sudah siap menerima banyak tamu dan kunjungan, selain ramah juga mau menceritakan berbagai keunikan budaya dan alat-alat tradisional budaya masyarakat yang ada di sini. Dan karena saat ini ada pemilihan kampung adat, kita berharap kawasan Seribu Rumah Gadang ini masuk dalam kotegori terbaik,'' harapnya. (zar/rls)
loading...
wwwwww