Home  /  Berita  /  GoNews Group

Lakukan Perjalanan Dinas Satu Pekan Jelang Lebaran, DPRD Padang Diduga Kejar Setoran

Lakukan Perjalanan Dinas Satu Pekan Jelang Lebaran, DPRD Padang Diduga Kejar Setoran
Senin, 19 Juni 2017 18:16 WIB
Penulis: Agib Noerman
PADANG - Satu pekan jelang lebaran, anggota DPRD Kota Padang kembali terbang ke Jakarta yang dibungkus dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), 18-22 Juni 2017. Sejumlah kalangan kuat menduga para wakil rakyat sengaja "kejar setoran".

Catatan Gosumbar.com, setumpuk agenda keluar daerah dilaksanakan selama bulan Ramadhan. Awal Ramadan, DPRD Kota Padang mengagendakan perjalanan dinas berbentuk kunjungan kerja komisi. Pekan kedua bulan puasa, ada lagi perjalanan pimpinan dan perorangan. Bahkan, modus wakil rakyat terkait pemborossan anggaran daerah juga dibungkus dengan perjalanan dinas Badan Anggaran yaitu ke Lombok dan Bekasi.

Informasi terpercaya dari Sekretariat DPRD Padang, khusus perjalanan dinas Bimtek ke Jakarta menyebutkan, setiap dewan dan staf sekretariat pendamping baru dikasih tiket pulang-pergi. Sementara uang perjalanan dinas diberikan setelah kegiatan selesai.

"Padahal GU (Ganti Uang) nya belum naik," kata sumber terpercaya yang tidak ingin disebutkan namanya, Minggu (18/6/2017). Tidak naiknya GU menandakan  laporan pertanggungjawaban agenda sebelumnya tidak tuntas. Sebab, syarat pencairan uang dan menaikkan GU semua laporan harus tuntas.

Guna menyiasati anggaran yang belum cair, salah seorang staf menanggulangi terlebih dahulu. Asalkan, staf yang meminjamkan diikutkan dalam perjalanan dinas ke ibukota tersebut. Atas kesepakatan itulah akhirnya perjalanan dapat dilakukan. Akibat agenda kejar setoran, kegiatan safari Ramadhan beberapa anggota dewan terpaksa diwakilkan staf Sekretariat DPRD Kota Padang.

Terkait perjalanan dinas Bimtek ini, Sekwan DPRD Kota Padang Ali Basar menjelaskan kegiatan ini tidak mendadak diagendakan namun sudah dibicarakan sebelumnya di Bamus. "Setiap kegiatan dewan kan sudah dibahas di Bamus," kata Ali Basar yang dihubungi, Minggu (17/6/2017). (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77