Home  /  Berita  /  Umum

Amankan Arus Mudik Lebaran, Diskominfo dan Dishub Pasang 10 CCTv di Payakumbuh

Amankan Arus Mudik Lebaran, Diskominfo dan Dishub Pasang 10 CCTv di Payakumbuh
Jum'at, 16 Juni 2017 18:55 WIB
Penulis: Bayu Denura
PAYAKUMBUH - Payakumbuh diperkirakan akan menjadi salah satu pusat tujuan mudik yang sangat padat seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. Untuk mengantisispasi hal-hal yang tak diinginkan seperti lakalantas dan pencurian di sepanjang jalur mudik, Diskominfo dan Dishub sudah memasang 10 CCTv ( Closed Circuit Television) di beberapa ruas jalan.

''Keberadaan kamera CCTV tersebut difungsikan Diskominfo dan Dinas Perhubungan (Dishub) akan dapat memberikan informasi kepada petugas, jika tiba-tiba terjadi kemacetan dan tindakan kriminal lainnya saat arus mudik dan arus balik,'' ujar Kadis Perhubungan Kota Payakumbuh Adrian kepada GoSumbar.com di ruang kerjanya, Jumat (16/6).

CCTV yang telah dipasang di beberapa titik, akan merekam dan memantau kondisi ruang jalan yang terhubung dengan ruang kontrol Dishub. Tidak hanya memonitor lalulintas. Dishub juga dapat memonitor jika ada pencurian kendaraan bermotor dan pelakunya akan terpantau dengan jelas. CCTv akan berfungsi 24 jam nonstop dan langsung terhubung ke laptop atau HP android.

''Kemudian, masyarakat juga bisa melihat 10 tempat dalam 1 layar Laptop dan menunjukkan status bisnis menjadi exclusive nasional. Jika terjadi tindak kriminal, bukti rekaman kita copy ke CD/Flashdisk dan kita serahkan ke polisi (sebagai bukti otentik untuk proses penyelidikan),'' ujar Adrian.

Sementara itu, berdasarkan laporan pengawas Dishub di lapangan, Indra, mengatakan, situasi lalu lintas di kota Payakumbuh masih normal belum ada perubahan arus mudik, kecuali sore hari, antusias ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka, kemungkinan perubahan arus lalin jelang hari kamis minggu depan akan meningkat," sebutnya di lapangan.

Terpisah, kepala Diskominfo kota Payakumbuh Elvi Jaya, ST didampingi Kabid Humas Henry Waluyo, menjelaskan kepada GoSumbar.com via selulernya, Diskominfo Kota Payakumbuh telah memasang 10 unit CCTV di beberapa jalan utama yang bertugas 1x24 jam untuk memantau keramaian khususnya arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2017 ini.

Diskominfo menjamin akan terus memonitor CCTV oleh petugas Diskminfo dan Dishub. Sehingga jika ada kejadian di salah satu titiknya, data sudah tersimpan di data centre di Diskominfo dan Dishub kota Payakumbuh sehingga dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan atau pihak yang berwenang.

''Adapun pemasangan 10 unit CCTV tersebut antara lain di pusat pasar Payakumbuh tugu Adipura ada 4 titik, simpang Kasda 2 titik, simpang Benteng 1, jembatan Ratapan Ibu 1 titik dan 4 titik di Ngalau Indah,'' tambah Hendry Waluyo. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77