Evakuasi 2 Korban Tewas Tabrakan Kereta Api dengan Mobil Avanza di Senen Berlangsung Lama

Evakuasi 2 Korban Tewas Tabrakan Kereta Api dengan Mobil Avanza di Senen Berlangsung Lama
Kereta api jarak jauh Walahar Ekspress relasi Tanjung Priok - Purwakarta ditabrak sebuah minibus di perlintasan Pasar Senen, Jakarta, 13 Juni 2017. (tempo.co)
Rabu, 14 Juni 2017 04:57 WIB
JAKARTA - Tabrakan kereta api dengan sebuah mobil Avanza B-9092-PCM terjadi di Jalan Kembang Pacar, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (13/6). Dua orang tewas akibat kecelakaan tersebut.

Evakuasi dua korban tewas berlangsung cukup lama. Dua penumpang mobil yang tewas berada dalam satu mobil box yang sudah hangus terbakar. Kondisi korban pun sudah tak bisa dikenali karena terbakar.

Petugas pemadam kebakaran harus bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan mayat korban yang terjepit di dalam mobil tersebut.

''Posisinya sempit. Dashboard yang menekan korban akhirnya kami bongkar dengan alat spider kami,'' ujar Triyanto, Kepala pleton pemadam kebakaran Kecamatan Gambir saat ditemui di lokasi, Selasa 13 Juni 2017.

Triyanto mengatakan untuk mengeluarkan korban membutuhkan waktu satu jam. Petugas menggunakan berbagai macam peralatan untuk segera mengevakuasi korban.

Hingga berita ini turun, petugas belum bisa mengenali apa jenis kelamin korban karena bagian tubuhnya hanya menyisakan kerangka.

Posisi mobil terseret sekitar 20 meter dari pintu perlintasan ke arah Manggarai dan terhenti di pinggir pasar. Lokasi yang sempit semakin menyulitkan petugas pemadam kebakaran untuk bekerja. Apalagi banyak warga yang ikut mendekati lokasi kejadian.

Dalam kondisi gelap, sekitar pukul 19.41, petugas pemadam kebakaran akhirnya bisa menggeser mobil menjauhi rel. Tak jauh dari mobil itu masih terlihat puluhan pakaian bertebaran di bantalan rel dan tanah. Anto, seorang saksi mata mengatakan mobil boks tersebut membawa pakaian dalam jumlah yang banyak.

''Mobil ini yang terseret bawa konveksi, baju-baju,'' ujarnya.

Tewas di Tempat

Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Muchtar Zakaria melaporkan terjadi tabrakan kereta api dengan sebuah mobil Avanza B-9092-PCM di Jalan Kembang Pacar, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat terjadi sekitar pukul 17.08 WIB.

''Di dalam mobil, ada dua orang, mereka meninggal di tempat,'' kata Muchtar saat dihubungi Tempo, Selasa, 13 Juni 2017.

Tabrakan tersebut menimbulkan percikan api. Mobil Avanza itu terbakar dan menyambar ke gerbong kereta. Para penumpang kereta pun berhamburan ke luar gerbong. Namun dua korban di mobil Avanza tak bisa menyelamatkan diri. Mereka meninggal dan terbakar di dalam mobil.

Dari foto yang didapatkan Tempo, mobil tampak ringsek ditabrak kereta. Sedangkan satu gerbong kereta hangus terbakar.

Dalam tayangan video yang didapat Tempo, terlihat kereta yang terbakar adalah kereta luar daerah, Walahar Express relasi Tanjung Priok-Purwakarta. Tampak petugas pemadam kebakaran langsung berjibaku memadamkan api yang melahap salah satu gerbong. ***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group, Peristiwa
wwwwww