Hadiri Haul Pendiri Ponpes Banyuanyar Pamekasan, La Nyalla Berbaur dengan Ratusan Ribu Jamaah

Hadiri Haul Pendiri Ponpes Banyuanyar Pamekasan, La Nyalla Berbaur dengan Ratusan Ribu Jamaah
Istimewa.
Selasa, 13 Juni 2017 23:10 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PAMEKASAN - Ketua Kadin Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Matalliti, berbaur langsung dengan ratusan ribu masyarakat (Jamaah) yang menghadiri acara Haul KH Abd Hamid Bin Itsbat selaku pendiri dan pengasuh pertama Ponpes Banyuanyar, Pamekasan, Selasa (13/06/2017).

Selain La Nyalla dan rombongan, ratusan ribu masyarakat yang datang rata-rata adalah alumni dari Ponpes yang berada di Desa Potoan Daya, Palengaan, Pamekasan. Acara tersebut merupakan acara rutinan yang selalu di gelar setiap tahun tepatnya pada tanggal 18 bulan Ramdan.

KH Moh Tohir Zain selaku putra dari pengasuh PP. Mambaul Ulum Bata-Bata yang ikut memberikan sambutan menceritakan, ada keajaiban dimana saat KH Abd Hamid Bin Itsbat meninggal dunia dan makamnya akan dipindah, ia terlihat sedang berdzikir.

Sebagian orang bahkan meyakini, bahwa KH Abd Hamid pada dasarnya belum meninggal dunia, namun hanya pindah tempat waktu di mekah.

Waktu itu katanya, KH Abd Hamid berpesan untuk selalu tunduk kepada Allah SWT, karena menurutnya hal itulah yang bisa menyelamatkan hidup manusia nanti di akhirat.

"Pesannya beliau hanya satu yaitu takutlah pada Allah, karena dengan begitu kita bisa selamat dunia akhirat nanti," cerita Ra Tohir sapaan akrab KH. Moh. Tohir Zain.

Usai sambutan, acara haul tersebut dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin yang dipimpin oleh KH Muhtarom dan langsung dilanjutkan dengan pembacaan istighasah yang dipimpin oleh KH Faisol Anwar.

Dalam kesempatan itu Ketua La Nyalla Academia, La Nyalla Mattaliti yang sedang melakukan safari ramadhan ke berbagai daerah di Jawa Timur juga tampak khusuk mengikuti rangkaian acara haul tersebut. ***

wwwwww