Sandiko akan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pakan Sinayan Payakumbuh Barat

Sandiko akan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pakan Sinayan Payakumbuh Barat
Sandiko Buana
Sabtu, 10 Juni 2017 02:14 WIB
Penulis: Bayu Denura
PAYAKUMBUH - Dengan dukungan alam yang subur dan udara yang baik, kota Payakumbuh tetap bisa menjadi sentra pertanian di Sumatera Barat. Hanya saja, dengan keterbatasan lahan yang ada, Payakumbuh harus mulai beralih ke teknologi tepat guna khususnya pertanian hidroponik.

''Teknologi tepat guna, bercocok tanam dengan cara hidroponik sangat cocok untuk perkotaan seperti di Payakumbuh. Modalnya juga kecil karena tempatnya hanya menggunakan barang bekas dan tanpa mengeluarkan biaya,'' ujar Lurah Pakan Sinayan Payakumbuh Barat, Sandiko Buana, Jumat (9/6/2017).

Sandiko merupakan salah satu pejabat dari 82 pejabat yang dilantik Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Senin (5/6) lalu. Sebelumnya Sandiko Buana yang akrab dipanggil Sandi menjabat sebagai Sekretaris Lurah Parit Rantang. Sedangkan lurah lama Zailendra mutasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) sebagai kasi Pasca Bencana.

''Pertanian perkotaan tekhnik hidroponik merupakan tata cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah dan lahan yg luas, tapi bisa dilakukan di depan rumah dengan hasil yang melimpah dan tanpa pestisida,'' jelas lurah muda yang pernah mengenyam pendidikan di SDN 09 tahun 2003 Pelayangan Kapur IX, SMPN 8 kota Payakumbuh tahun 2006 dan pada tahun 2009 jebol di SMAN 1 Payakumbuh.

''Dengan adanya cara bercocok tanam tekhnik hidroponik seperti ini diharapkan  masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan sendiri, baik itu sayuran ataupun buah-buahan,'' ujar lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014 lalu dan pernah bekerja sebagai Staf Inspektorat Provinsi Sumatera Barat 2014-2015 ini. ***


wwwwww