Kesehatan

Jangan Simpan 8 Jenis Makanan Ini dalam Freezer

Jangan Simpan 8 Jenis Makanan Ini dalam Freezer
Ilustrasi. (tempo.co)
Sabtu, 10 Juni 2017 11:09 WIB
MENYIMPAN makanan dalam freezer merupakan upaya menjaga makanan tetap awet atau tidak busuk. Namun ingat, tidak semua jenis makanan boleh disimpan atau dibekukan dalam freezer.

Dikutip dari tempo.co, berikut beberapa bahan makanan yang tak boleh disimpan dalam freezer menurut laman Mashed:

Yoghurt 

Jangan membeli yoghurt lebih banyak daripada yang biasa Anda konsumsi. Saat Anda membekukan yoghurt dan kemudian mencairkannya, itu akan membuat teksturnya berubah.

Kopi

Fluktuasi kelembaban freezer dan perubahan suhu dapat mengubah struktur biji kopi sehingga rasanya dan aromanya berubah. Bahkan, biji kopi dapat menyerap rasa makanan yang tersimpan di dekatnya di dalam freezer.

Mayones

Jangan pernah berpikir untuk menyimpan sebotol mayones di freezer. Karena saat mayones membeku dan dicairkan kembali, tekstur mayones akan pecah dan berminyak.

Jelly sandwich

Selai kacang dan jelly sandwich jeli yang membeku ketika dicairkan akan membuatnya sangat basah. 

Sayuran yang banyak mengandung airSayuran yang mengandung air seperti mentimun jika dibekukan, kandungan airnya akan membeku seperti kristal es kecil. Tampilannya pun akan tampak layu, berair, dan tak menarik lagi. Sayuran lain yang tidak boleh disimpan dalam freezer yaitu selada, salad hijau, seledri, lobak, bawang merah, kentang putih, dan paprika.

Buah berkadar air tinggi

Untuk membuat milkshake atau smoothie, biasanya kita membekukan buahnya terlebih dahulu. Namun buah seperti semangka, jeruk, lemon, limau, apel, pir, dan jeruk bali tak baik dimasukkan ke dalam freezer. Teksturnya dan penampilannya akan berubah menjadi lebih basah saat mencair. Rasanya juga tak enak. 

Keju

Keju dan krim keju yang lembut seperti keju cottage dan ricotta, mengandung kadar air yang tinggi, sehingga tidak baik untuk dibekukan.Teksturnya akan berubah.

Kecap

Umumnya kecap mempunyai masa kadaluarsa yang cukup panjang hingga 2 tahun. Anda bisa menggunakannya dengan lebih leluasa dalam rentang waktu panjang tersebut. Jika dibekukan kemudian dicairkan, maka konsistensi kecap akan berubah seperti jelly.***   

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwww