Home  /  Berita  /  Umum

AKBP Haris Hadis Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Lingkungan Jangan Sampai Tersentuh Persoalan Hukum

AKBP Haris Hadis Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Lingkungan Jangan Sampai Tersentuh Persoalan Hukum
Sabtu, 10 Juni 2017 23:24 WIB
Penulis: Bayu Denura
SARILAMAK - Kapolres kabupaten Lima Puluh Kota AKBP Haris Hadis,  mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan, mengawasi anak-anak jangan sampai tersentuh dengan persoalan hukum terutama dengan narkoba, kenakalan remaja dan sebagainya.

Hal tersebut disampaikan Kapolres kepada masyarakat Limapuluhkota ketika berkunjung ke mesjid Muslimin, Jorong Lubuak Jantan, Kenagarian Gurun kecamatan Harau, bersama rombongan tim V Safari Ramadhan, Jumat (9/6). Tim V tersebut langsung dipimpin Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, jika masyarakat menemukan tindakan anggota polisi di daerah ini yang tidak sesuai, segera laporkan ke pihaknya.

''Tugas kepolisian dapat dibagi dalam dua golongan, yaitu tugas represif dan tugas preventif. Tugas represif ini adalah mirip dengan tugas kekuasaan executive, yaitu menjalankan peraturan atau perintah dari yang berkuasa apabila telah terjadi peristiwa pelanggaran hukum. Sedangkan tugas preventif dari kepolisian ialah menjaga dan mengawasi agar peraturan hukum tidak dilanggar oleh siapapun,'' ujarnya.

Sedangkan tugas utama dari kepolisian adalah memelihara keamanan di dalam negeri. Berbeda dengan tugas tentara yang terutama menjaga pertahanan Negara yang pada hakikatnya menunjuk pada kemungkinan ada serangan dari luar Negeri.

''Sementara itu, dalam Undang-Undang Kepolisian Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 pasal 13 dijelaskan bahwasannya tugas pokok kepolisian adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,'' tegas Kapolres.

Turut hadir dalam Tim V tersebut diantaranya Kepala Satpol PP Nasriyanto, Camat Harau Deki Yusman, Waka Polsek Harau Iptu Yustian Saiful, sekretaris Dinas Perikanan Susy Letrini, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Refrizal  dan anggota DPRD Aida yang merupakan anggota dewan dari daerah pemilihan 4.

Sebelum dialog atau tanya jawab dengan masyarakat, rumah Allah itu didengungan oleh suara pembacaan ayat suci oleh salah seorang santri setempat, kemudian jemaah mesjid disuguhkan dengan santapan rohani dari buya Khairunas, dengan judul Menyonsong Nuzul AlQur’an. Usai tauziyah dilanjutkan dengan paparan program pemerintah Limapuluh Kota disampaikan ketua tim AKBP Haris Hadis. 

Dalam kesempatan itu, salah seorang masyarakat bernama Neneng Suyanti, salah seorang kaum Ibu dengan lantang mengharapkan kepada Pemda Limapuluh Kota dan Anggota Dewan Aida, menyampaikanan, saat ini jorong Lubuak Jantan, sangat membutuhkan pembangunan dan perbaikan drainase, sebab pada setiap hujan sering terjadi banjir.

Kemudian Neneng juga mengharapkan, khusus buat Ibu Aida untuk turun tangan langsung membina ibu-ibu PKK di kenagarian Gurun yang menjadi salah satu basis perolehan suara ibu Aida. Diakhir kegiatan tim Ramadahan adalah penyerahan bantuan untuk mesjid Muslimin dari Pemda Lima Puluh Kota sebanyak Rp10 juta diterima langsung oleh pengurus mesjid Muslimin Jorong Lubuak Jantan.

 Ketua tim V safari ramadhan Haris Hadis, menyebutkan, terima kasih atas aspirasi dari masyarakat, berbicara terhadap drainasi yang sering membawa banjir ke nagari ini, akan disampaikan oleh tim nantinya ke dinas terkait, dalam hal ini adalah dinas Pekerjaan Umum (PU), ujarnya.

Kemudian, Aida juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, yang telah menyampaikan aspirasinya, terhadap harus sering-sering turun ke lapangan, sebetulnya saya sudah melakukan harapan dari ibu-ibu. Dengan adanya anggota DPRD dari Dapil 4 jelas saja akan membawa perobahan kepada masyarakat luas.

''Contohnya, setiap aspirasi yang disampaikan masyarakat, selalu diawasi oleh anggota dewan dan ditindak lanjuti. Kehadiran anggota dewan adalah corong bagi masyarakat untuk menyampaikan seluruh aspirasinya. Kesimpulan aspirasi pada malam ini sudah kami catat dan ditindak lanjuti di tahun berikutnya, “sebut Aida. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/