Home  /  Berita  /  Umum

Warga Tidak Mampu Berjibun Padati Toko Sosial HWK Sumbar

Warga Tidak Mampu Berjibun Padati Toko Sosial HWK Sumbar
Para warga tidak mampu berjibun memadati Toko Sosial HWK Sumbar, Minggu (4/6/2017) (dok pribadi)
Senin, 05 Juni 2017 00:11 WIB

PADANG - Pada bulan Ramadan 1438 H ini, Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar membuka Toko Sosial (Charity Shop HWK Sumbar), dari tanggal 1 - 10 Juni 2017. Toko ini berlokasi di jalan Chatib Sulaiman No. 24 Padang, sebelah gedung Bapedalda Provinsi Sumatera Barat.

"Toko ini diperuntukkan sebagai tempat belanja bagi masyarakat tidak mampu, kaum dhuafa, anak yatim, untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Kegiatan ini untuk membuka jalan beramal bagi kita di bulan Ramadan ini," kata Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, MSi, CA, QIA., Ketua HWK Sumbar yang juga adalah Inspektur Khusus di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, ketika kami wawancarai, Ahad 4/6/2017.

Lebih rinci Sastri juga mengatakan, toko sosial ini menyediakan kebutuhan lebaran seperti; baju, celana, jilbab, sepatu, kemeja, T-Shirt, baju batik, dan beragam aksesoris. Juga tersedia kebutuhan seperti; gula, minyak, dan sirup. Agar menjangkau lebih banyak masyarakat tidak mampu, pembelian secara borongan tidak dilayani, sehingga transaksi setiap pembeli dibatasi. Adapun barang-barang yang dipasarkan ini disuplay oleh HWK Sumbar dan beberapa sponsor, selain barang baru, Toko Sosial HWK Sumbar ini juga menyediakan barang-barang bekas tapi berkualitas.

"HWK Sumbar sengaja tidak memberikan secara cuma-cuma kepada warga tidak mampu, namun dengan memberikan potongan harga dari 50 persen hingga 70 persen. Hal ini bertujuan untuk membangun hargadiri bagi warga tidak mampu itu sendiri," kata Sastri menjelaskan.

Menurut Sastri, hingga hari ke empat pelaksanaannya, kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat. Jika dihitung transaksi perhari bisa mencapai 3 hingga 4 juta Rupiah, dengan harga barang yang dijual bervariasi, mulai dari harga seribu rupiah hingga yang paling mahal seharga tigapuluh ribu rupiah. Bisa dibayangkan berapa jumlah orang yang belanja tiap harinya, mengingat transaksi yang dibatasi bagi setiap pembelinya.

Kegiatan toko sosial ini untuk pertama kalinya diadakan oleh HWK Sumbar, pelaksanaannya didukung oleh Sumbar Talenta Organization (STO) dan oleh beberapa sponsor. Para pengunjung Toko Sosial HWK Sumbar ini dilayani oleh ibu-ibu dari HWK Sumbar yang menjaga secara bergiliran.

Untuk saat ini, hasil penjualan dibelikan lagi pada kebutuhan barang yang akan dijual pada hari berikutnya. Untuk pelaksanaan toko sosial pada program mendatang, Sastri mengatakan, "Masih banyak lagi yang dibutuhkan untuk lebih menyukseskan kegiatan ini, karena kita menjual di bawah harga pasaran. Dan dukungan dari seluruh pihak sangat diharapkan. Toko Sosial HWK Sumbar ini semata-mata hanya untuk beramal, bukan mencari keuntungan." (rls)

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Umum, GoNews Group, Solok
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/