Salah Satu Penyebab Banjir, Delma Putra Minta Pemko Evaluasi Betonisasi Jalan

Salah Satu Penyebab Banjir, Delma Putra Minta Pemko Evaluasi Betonisasi Jalan
Delma Putra, Anggota Komisi III DPRD Padang
Senin, 05 Juni 2017 16:26 WIB
Penulis: Agib Noerman
PADANG - Anggota Komisi III DPRD Padang, Delma Putra menilai salah satu penyebab terjadinya banjir di Kota Padang dikarenakan betonisasi jalan di perumahan warga yang tidak dilengkapi sistem drainase yang baik. Untuk itu, Ketua Fraksi Gerindra ini meminta agar Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mengevaluasi program betonisasi jalan tersebut.

Dijelaskan Delma, dengan betonisasi maka ruas jalan lebih tinggi dari rumah warga, sementara sistem drainase pelepasan air tidak tersedia. Tentu kondisi ini akan menyebabkan air akan lebih mudah masuk ke rumah warga sehingga terjadinya banjir.

"Harus ada evaluasi dari Pemko dalam hal ini DPU. Jika tidak maka setiap hujan turun warga akan kebanjiran," ungkap anggota DPRD dari dapil Koto Tangah ini.

Lebih lanjut Delma mengatakan, DPU harus turun langsung melihat persoalan buruknya sistem drainase di Kota Padang. Pascagempa 2009 lalu, lanjut Delma, sudah terjadinya penyempitan drainase akibat material gempa yang masuk ke dalam selokan.

"DPRD Padang sudah menganggarkan perbaikan sistem drainase, namun hingga sekarang pengerjaannya belum dilakukan DPU," tegas Delma.

Sementara, Ketua Komisi III Zulhardi Latief mengingatkan Pemko Padang untuk segera mencari solusi persoalan banjir ini. Bahkan, Komisi III sudah meminta langsung daerah rawan banjir supaya penanganan lebih cepat.

"Jondul Rawang termasuk daerah rawan banjir. Kalau belum ada solusi dari Pemko maka dipastikan setiap hujan daerah tersebut akan banjir. Pemko segera mencari solusinya," jelas politisi Golkar ini.(***)
loading...
wwwwww