Ternyata, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal Dikenal Dekat dengan Jajarannya

Ternyata, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal Dikenal Dekat dengan Jajarannya
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal bersalaman dengan jajarannya.
Sabtu, 03 Juni 2017 15:19 WIB
Penulis: Agib Noerman
PADANG - Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal ternyata sosok pimpinan yang bersahaja, tegas dan dikenal akrab dengan jajaran. Pria tamatan Akademi kepolisian (Akpol) tahun 1986 ini tidak sungkan-sungkan menyapa dan menyalami jajarannya satu persatu. Hal tersebut terlihat saat buka bersama sekalgus syukuran kenaikan pangkat Fakhrizal dari Brigjen Pol menjadi Irjen Pol, Jumat (2/6/2017) di kediamannya.

Pantauan GoSumbar, Irjen Pol Fakhrizal menyebut nama jajarannya mulai dari perwira menengah sampai perwira muda. Bahkan, pria kelahiran ini hafal satu persatu nama Kapolres yang berada di wilayah hukum Sumbar.

"Pak Kapolda orangnya memang low profile. Dekat dengan bawahan dan tidak sungkan untuk bertanya," kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso.

Kedekatan Kapolda Irjen Pol Fakhrizal dengan jajarannya di Polda Sumbar dibenarkan Kasubdit Penmas Polda Sumbar AKBP Nina Martini. Menurut Nina, kendati dia baru tiga pekan bertugas di Polda Sumbar dia merasakan kepemimpinan Irjen Pol Fakhrizal.
u
"Waktu pergantian beberapa Kapolres, saya dikenalkan langsung ke Kapolres oleh Pak Kapolda," jelas AKBP Nina.

Sementara Wakapolres Padang AKBP Tommy Bambang Irawan menilai Kapolda Irjen Pol Fakhrizal merupakan sosok kapolda yang rendah hati dan mau bergaul dengan jajaran atau bawahannya. Sisi lain, kata AKBP Tommy, Pak Kapolda tegas dalam memimpin institusinya.

Ditanya soal sikapnya yang low profile dengan jajarannya, Kapolda Irjen Pol Fakhrizal mengatakan dalam memimpin suatu institusi atasan tersebut tidak perlu menjaga jarak dengan staf atau bawahan. Menurutnya, komunikasi yang baik dengan staf akan menciptakan kinerja yang maksimal.

"Komunikasi yang baik penting kita jaga dalam membangun kerjasama dengan staf sehingga para staf bisa bekerja maksimal dalam mencapai suatu tujuan," ungkap Kapolda singkat.

Kegiatan berbuka bersama Kapolda Sumbar dihadiri 200 orang dari institusi Polri. Kapolda juga mengundang sedikitnya 50 anak yatim sekaligus memberikan santunan. Pemberian santunan kepada anak yatim merupakan bentuk kepedulian Polda Sumbar di bulan Ramadan. (agb)

wwwwww