Home  /  Berita  /  Umum

18 Titik Banjir Bandang di Padang, Sumbar, 258 Jiwa Mengungsi, Ini Data Lengkapnya

18 Titik Banjir Bandang di Padang, Sumbar, 258 Jiwa Mengungsi, Ini Data Lengkapnya
Foto banjir dan longsor di Sumbar. (dok.BNPB)
Rabu, 31 Mei 2017 15:31 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PADANG - Hujan lebat yang disertai angin kencang yang melanda Kota Padang sejak, Selasa (30/5/2017) tengah malam menyebabkan banjir di beberapa kawasan.

Menurut keterangan resmi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada GoNews.co mengatakan, banjir yang melanda Padang, Sumatera Barat terjadi di 18 Titik, sementara longsor ada di dua titik.

"Hujan deras menyebabkan bencana banjir dan longsor di Kota Padang pada Selasa, 30 Mei 2017 Pkl. 23.00 WIB. Berlokasi di Kota Padang, Kec. Padang Selatan, Kec. Padang Utara, Kec. Nanggalo,Kec. Padang Utara, Kec. Padang Barat, Kec. Padang Timur, Kec. Lubuk Begalung, Kec. Kuranji dan Kec. Bungtekab," ujar Sutopo melalui pesan releasenya.

Saat ini kata dia, hampir 285 jiwa (95 KK) mengungsi akibat bencana banjir tersebut. Adapun upaya penagangan, saat ini Tim TRC, Pusdalops dan dibantu oleh para relawan Insan Kebencanaan telah melaksanakan kegiatan assessment dan emergency respon.

"Ada beberapa kendala, dikarenakan hujan sampai Pukul 09.30 WIB masi belum berhenti, maka berakibat akses jalan untuk melakukan tindakan evakuasi dan penanganan pohon tumbang serta longsor mengalami keterlambatan," tukasnya.

Sebelumya diberitakan GoSumbar.com (GoNews Group) Walikota Padang Mahyeldi dalam siaran persnya di RRI, daerah Jondul Rawang, Lubuk Buaya, Nanggalo, Bungus dan Nanggalo merupakan daerah terparah terdampak banjir.

Dari laporan warga sendiri mereka sudah mengungsi ke tempat ketinggian atau kawasan yang tidak terdampak banjir. Seperti yang diceritakan Rezki (34), warga radang Jondul, saat ini ketinggian air di daerah tersebut sudah mencapai pinggang orang dewasa. 

"Terpaksa harus mengungsi. Kami khawatir dengan anak-anak. Apalagi hujan masih turun dan ketinggian air akan bertambah," jelasnya. 

Rezki menjelaskan, banjir tidak hanya memendam perumahan warga tapi juga fasilitas pemerintahan dan kesehatan. "Puskesmas sudah terendam banjir," ungkapnya. 

Sementara dari pantauan GoSumbar.com, ruas jalan utama di Kota Padang seperti jalan Sudirman, Khatib Sulaiman, Jalan Perintis Kemerdekaan sudah digenangi banjir. akibatnya, akses jalan di kawasan tersebut tidak bisa dilalui warga. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/