Home  /  Berita  /  GoNews Group

Inisiator dan Ketua Pemberantasan Pungli, Irjen Kemendes Malah Ditetapkan KPK Tersangka Suap

Inisiator dan Ketua Pemberantasan Pungli, Irjen Kemendes Malah Ditetapkan KPK Tersangka Suap
Menteri Desa Eko Putro Sandjojo. (merdeka.com)
Sabtu, 27 Mei 2017 19:01 WIB
JAKARTA - Irjen Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Sugito, termasuk salah satu dari empat orang yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasca operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan suap dalam upaya mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menteri Eko Putro Sandjojo mengaku kaget bawahannya tersebut ditangkap oleh KPK. Ia mengaku Sugito dikenalnya sebagai sosok bersih.

Bahkan, Eko mengungkapkan Sugito merupakan inisiator sekaligus Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Kementerian ini.

''Makanya saya kaget juga. Dan saya bikin Satgas Pungli, Satgas Reformasi juga atas inisiatif beliau, jadi saya dukung,'' ujar Eko ditemui di Kantornya, Sabtu (27/5).

Eko berharap bawahannya tersebut hanya untuk dimintai keterangannya oleh KPK. Politikus PKB ini mengaku terus menghubungi pria yang kerap disapa Gito itu namun sampai saat ini tak direspons.

''Mudah-mudahan cuma diminta jadi saksi tapi apapun yang dilakukan KPK harus kita dukung dan saya mengikuti hukum yang berlaku di KPK,'' katanya.

Sementara itu, Eko memastikan akan memberikan sanksi tegas apabila bawahannya tersebut terlibat dalam kasus yang disebut berkaitan untuk meraih WTP dari BPK tersebut.

''Saya pikir siapapun bukan hanya Pak Sugito ya, kalau terbukti secara hukum salah ya pasti dikenakan sanksi,'' tegasnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (26/5). Dalam OTT, dua orang auditor BPK dibawa ke KPK dan satu lagi yang dibawa yaitu staf BPK.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:GoNews Group, Hukum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/