Home  /  Berita  /  GoNews Group

Beredar Video Bos PT ITSS Morowali Larang Karyawan Salat Jumat Berjamaah

Beredar Video Bos PT ITSS Morowali Larang Karyawan Salat Jumat Berjamaah
Istimewa.
Senin, 22 Mei 2017 14:57 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
MOROWALI - PT Indonesia Tshing Shang Stainless Steel atau PT ITSS Morowali Sulawesi Tengah (Sulteng) menjadi sorotan. Penyebabnya, beredar video bos PT ITSS Morowali melarang karyawannya melaksanakan shalat Jumat berjamaah.

Rekaman video menunjukkan beberapa karyawan muslim meminta izin kepada atasannya untuk menunaikan ibadah shalat Jumat. Namun atasannya menolak. Bos PT ITTS yang hanya bisa menggunakan bahsa Mandarin itu menyebutkan bahwa Shalat Jumat harus dilakukan bergantian.

"Untuk sementara dua orang pergi dulu, satu tinggal katanya,” ucap seorang penerjemah. "Gak bisa, shalat Jumat itu tidak bisa bergantian pak,” jawab karyawan.

"Ya saya sudah sampaikan, dia bilang tidak mau tahu juga,” jawab sang penerjemah.

Sebelumnya, PT ITSS juga memecat sejumlah buruh karena melaksanakan shalat Ashar. Mereka dianggap meninggalkan tugas, sehingga perushaan memutuskan untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Puluhan buruh yang tergabung dalam Gerakan Rakyat dan Buruh Morowali Bersatu (GRBMB) Sulawesi Tengah kemudian melakukan aksi unjuk rasa memprotes kebijakan pimpinan PT ITSS.

Pada Hari Buruh tanggal 1 Mei 2017 lalu, sekitar 20 mantan buruh PT ITSS datang ke Jakarta untuk melakukan aksi demonstrasi menuntut keadilan. Mereka mendesak pemerintah agar turun tangan dan memberikan keadilan kepada buruh muslim di PT ITSS Morowali. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/