Home  /  Berita  /  Umum

Rampak Gendang Calon Awak Bima Suci Meriahkan Bazar SolidaRiau 2017 di Spanyol

Rampak Gendang Calon Awak Bima Suci Meriahkan Bazar SolidaRiau 2017 di Spanyol
Calon awak kapal layar latih Bima Suci saat menghibur pengunjung Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017. (istimewa)
Minggu, 21 Mei 2017 04:45 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
MADRID- Ada yang menarik di hari pertama Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017 di KBRI Madrid, Sabtu (20/5). Para pengunjung mendapat hiburan heboh dari penampilan para calon awak kapal layar latih Bima Suci. Para marinir tersebut menampilkan hiburan kesenian Rampak Gendang.

Empat orang memainkan gendang, diringi sejumlah calon awak yang memainkan alat musik modern sehingga kesenian khas sunda ini menyita perhatian pengunjung.  Sesekali mereka meneriakan yel yel Bima Suci sambil menabuh dan melakukan antraksi lempar gendang.

Saat tabuhan gendang diringi musik dan nyayian, sejumlah tamu undangan dan pengunjung Bazar SolidaRiau maju ke depan untuk menari dan berjoged bersama. Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso juga didaulat untuk ikut berjoged. Para penonton bertepuk tangan dan melepaskan tawa terhibur.

Calon awak kapal layar latih Bima Suci ini memang diundang KBRI Madrid untuk memberikan hiburan di acara Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017.

Calon awak kapal ini memang sedang berada di Spanyol untuk mempelajari kapal Bima Suci yang sedang dibuat perusahaan Spanyol di Vigo. Mereka nantinya yang akan membawa kapal itu ke Indonesia jika sudah selesai dibuat.

“Ada 66 calon awak kapal Bima Suci yang kini bertugas di Vigo. Karena diundang Kedubes RI di Madrid untuk memeriahkan acara ini, kami menyiapkan beberapa calon awak yang sudah bisa bermain gendang untuk tampil,” kata Komandan Satgas Proyek Pengadaan Kapal Layar Latih Bima Suci, Laksamana Pertama TNI Sutarmono yang mendampingi bawahannya tampil di Bazar SolidaRiau.

Sutarmono menegaskan, tidak sulit untuk menyiapkan tim rampak gendang karena memang sudah ada pasukan marinir yang terbiasa berkesenian. "Ini bagian dari peran Angkatan Laut yang harus bisa berdiplomasi lewat kesenian dan kebudayaan," jelasnya.

Dua hari sebelum tampil, karena tidak ada gendang di Vigo, para calon awak kapal ini awalnya hanya berlatih secara ilustrasi seperti memegang dan memukul gendang.

Mereka baru latihan dengan peralatan sesungguhnya milik KBRI setelah tiba di Madrid, sehari sebelum pembukaan Bazar SolidaRiau. Meski persiapan singkat, ternyata penampilan mereka sangat menghibur pengunjung Bazar yang mayoritas warga Spanyol. (rls)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/