Kejurnas Sprint Offroad Catat Rekor Jumlah Peserta

Kejurnas Sprint Offroad Catat Rekor Jumlah Peserta
Istimewa.
Minggu, 21 Mei 2017 22:45 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Ajang Pertamax Motorsport Indonesia X-Treme Sprint Offroad Racing Championship 2017 di Sirkuit Paramount Land, Gading Serpong, Tangerang Selatan, 19-21 Mei 2017 memecahkan rekor jumlah peserta.

Tercatat 215 pebalap yang tampil bersaing memperebutkan tempat terbaik. "Biasanya kurang dsri 100 pebalap yabg tampil. Tapi, ajang Pertamax Motorsport Indonesia X-Treme Sprint Offroad Racing Championship kali ini terjadi rekor jumlah peserta dimana 251 pebalap tampil," kata Direktur Pertamax Motorsport Rifat Sungkar yang juga penyelenggara kejurnas di Serpong, Sabtu (20/5/2017) malam.

Menurut Rifat, Kejuaraan nasional ini cukup unik karena menggabungkan dua jenis balapan, yakni speed offroad dan sprint rally.Tadinya, kata Rifat, menggabungkan dua jenis balapan ini awalnya ditentang peserta.

Sebab, komunitas rally inginnya sendiri, begitu pula pembalap offroad. Namun setelah diberi pengertian, mereka akhirnya mengikuti arahan penyelenggara.

"Jenis mobil yang digunakan untuk offroad dan sprint rally kan beda, lalu aturan-aturanya juga tidak sama. Itu yang membuat mereka awalnya tak setuju. Saya buat presentasi kepada mereka, dan akhirnya mereka setuju," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi jumlah peserta yang mencapai 251 pembalap. Menurut dia, angka ini cukup fantastis karena bisanya di ajang offroad atau rally selalu di bawah 100 orang. "Inilah kalau digabung, hasilnya banyak yang ikut. Kami bisa menyatukan anak offroad dan rally yang mempunyai kebiasaan berbeda," terangnya.

Meski sebagai penyelenggara, Rifat tetap ikut bersaing di kelas free for All (FFA) speed offroad dengan membawa bendera tim Pertamax Motorsport. Dia juga turun di sprint rally, namun tak menargetkan juara. "Saya tanding di sprint tidak ada target apa-apa, tidak ada obsesi menang. Saya tahu untuk juara susah, yang penting kerja tim maksimal," tandasnya.

Di tempat yang sama, Asisten Manager Marketing Communication PT Pertamina, Danang Widya Surya menuturkan, pihaknya mendukung kejuaraan nasional balap ini agar muncul pembalap muda berkualitas. Selain itu, pihaknya ingin jumlah peserta terus meningkat dari setiap seri yang digelar.

"Kami berharap olahraga otomotif makin banyak penggemarnya. Sasaran yang diinginkan Pertamax Motorsport adalah mencari bibit-bibit muda, salah satu caranya dengan membuat peraturan yang tidak sulit buat pembalap pemula," ujarnya. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Olahraga
wwwwww