Home > Berita > Umum

Bukan Cuma Nasi Lemak, Bolu Kemojo dan Kacang Pukul Juga Diserbu 3.500 Pengunjung di SolidaRiau 2017 Spanyol

Bukan Cuma Nasi Lemak, Bolu Kemojo dan Kacang Pukul Juga Diserbu 3.500 Pengunjung di SolidaRiau 2017 Spanyol
Para pengunjung menyerbu "SolidaRiau 2017) di Spanyol. (istimewa)
Minggu, 21 Mei 2017 05:07 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
MADRID - Stand penganan serta oleh-oleh khas Provinsi Riau dalam kegiatan Bazar SolidaRiau de Indonesia 2017 yang digelar KBRI Madrid kuwalahan melayani serbuan pengunjung.

Stand khusus makanan Riau yang menjadi tema pada Bazar kali ini memang menyediakan berbagai kuliner khas melayu. Tidak hanya martabak telor kuah kari, nasi lemak dan es air mata pengantin saja, namun jajanan lain seperti Bolu Kemojo serta Kacang Pukul, adalah penganan yang paling dimintai pengunjung.

Stand-stand pada Bazar SolidaRiau 2017 ini di kelola oleh WNI dan pelajar Indonesia yang berada di Madrid. Para pengunjung bisa membeli makananan, minuman dan berbagai barang yang dijajakan dengan menukarkan kupon yang telah diberi nilai euro.

Mereka pun memenuhi stand dan menikmati makananan  dan minuman serta hiburan khas Indonesia. "Bazar tahun lalu dihadiri sekitar 3500 pengunjung. Tahun ini kita harapkan lebih meriah, namun karena sosialisasi lebih singkat hanya sekitar satu bulan, paling tidak jumlah pengunjungnya sama dengan tahun lalu," kata Dubes Yuli Mumpuni. Ia mengatakan, jumlah WNI yang ada di Madrid ada sekitar 300 orang.

Kegiatan tahunan itu, untuk tahun 2017 ini mengangangkat tema "Kemilau Riau" yang digelar di halaman Kantor KBRI Madrid dan resmi dibuka pada Sabtu (20/5/2017) siang waktu setempat. 

Bazar SolidaRiau berlangsung dua hari sampai Minggu (21/5/2017). Menghadirkan berbagai aneka macam makanan dan minuman, fashion dan souvenir  khas Indonesia, serta diiringi dengan hiburan pertunjukkan seni dan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk dari daereah Riau.

Kemudian menjadi ajang mempromosikan destinasi wisata dan potensi yang ada di Indonesia. Sekitar seribu orang pengunjung dari berbagai kalangan memenuhi arena Bazar sesaat setelah Bazar Soldario ini dibuka Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuno Widarso.

Para pengunjung berasal dari berbagai kalangan. Seperti warga negara asing yang tinggal di Spanyol, tamu undangan dari berbagai kedutaaan negara sahabat, diaspora Indonesia serta WNI yang berada di Madrid dan sekitarnya. Namun mayoritas pengunjung merupakan warga Spanyol.

Dari puluhan stand yang ada di Bazar kali ini, selain aneka kuliner khas Riau, sebagian besar juga menyajikan beraneka ragam makanan khas Indonesia, seperti bakso, soto, sate, nasi goreng, ketoprak, hingga jajanan seperti mendoan, resoles, kue lapis dan berbagai makanan khas Indonesia lainnya.

Sehingga biasanya para pengunjung mayoritas adalah warga Spanyol dan ini menjadi kesempatan untuk mempromosikan potensi gastronomi dan destinasi wisata Indonesia, khususnya di daerah Riau yang menjadi tema utama, kepada masyarakat Negeri Matador. (rls)
loading...
wwwwww