Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, 4 Tewas

Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, 4 Tewas
Ilustrasi tabrakan. (republika.co.id)
Jum'at, 19 Mei 2017 06:01 WIB
JAKARTA - Sejumlah mobil mengalami tabrakan beruntun di ruas tol Cipularang, KM 91 arah Jakarta. Empat orang tewas dan puluhan luka-luka akibat kecelakaan tersebut.

''Korbannya empat meninggal dunia, dua luka berat, 26 luka ringan,'' ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis (18/5) malam.

Empat korban yang meninggal tersebut yakni Nurbaeti Simanjuntak (30 tahun) seorang guru asal Tebet, Pertiwi Handayani (30) asal Menteng, Jordan Juan Azir Napiun (16) asal Bekasi, dan Encuk Supriatna (36). Sedangkan korban yang mengalami luka-luka kata dia, hingga saat ini masih menjalani perawatan dan masih dalam pendataan petugas di lapangan.

"Korban luka-luka identitas menyusul," ujar Rikwanto.

Menurut Rikwanto peristiwa tersebut terjadi pada pukul 19.45 WIB. Peristiwa nahas itu dimulai pada saat kendaraan truk dari arah Bandung bernomor polisi B9769 UIV menuju Jakarta. Diduga supir yang hilang kendali tersebut membanting setirnya dengan mengambil jalur tengah yang penuh dengan kendaraan.

''Diduga supir kendaraan tersebut hilang kendali sehingga mengambil lajur tengah kemudian menabrak kendaraan lain,'' kata dia.

Kronologi Tabrakan

Sementara Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus menuturkan, kecelakaan yang diperkirakan terjadi pada Kamis (18/5) pukul 19.30 WIB ini melibatkan sepuluh kendaraan. 

Melalui pesan singkatnya, Yusri Yunus menjelaskan, tabrakan beruntun itu terjadi di Kampung Batudatar,Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Kecelakaan bermula saat truk kontainer dengan nomor polisi B 9769 UIV dikendarai Sutrisno (36). Truk itu melaju dari arah Bandung menuju Jakarta.

''Saat berada di jalan lurus menurun, diduga truk hilang kendali sehingga mengambil lajur tengah,'' kata Yusri Yunus dalam pesan singkat yang diterima Republika.co.id.

Lalu, ketika menggunakan lajur tengah, truk menabrak kendaraan minibus Luxio D 1315 AAL, Mazda B 1869 BIO, Isuzu Panther B 1929 WMH, dan Honda Freed B 8 FP secara beruntun di hadapannya.

Selain itu, tabrakan beruntun ini juga berdampak pada sejumlah kendaraan lain. Kendaraan lain yang tertabrak yaitu City Trans D 7905 AM, Toyota Avanza D 1055 NY, Toyota Yaris B 1480 FUC, Sirion B 1875 KZX, dan Bus Kencana Jaya F 7580.

Yusri menduga truk mengalami rem blong sehingga kehilangan kendali. Petugas yang berada di lokasi kejadian langsung memboyong korban ke rumah sakit MH Thamrin dan Siloam Purwakarta dengan Ambulans yang tersedia. Sedangkan sejumlah petugas lainnya mengamankan lalu lintas dan mengumpulkan informasi terkait kecelakaan.***   
loading...
Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:GoNews Group, Peristiwa
wwwwww