Promosikan Produk Unggulan Daerah, BRI Kirim BUMDes Binaan pada Expo BUMDes Nusantara 2017 di Bukittinggi

Promosikan Produk Unggulan Daerah, BRI Kirim BUMDes Binaan pada Expo BUMDes Nusantara 2017 di Bukittinggi
Pameran BumDes Expo 2017 yang digagas oleh Kementerian Desa Pembangunan dan Daerah Tertinggal 2017 di lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi, Sabtu dan Minggu, 12 - 13 Mei 2017.
Senin, 15 Mei 2017 02:43 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Guna mempromosikan produk unggulan daerah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) gencar melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggelar berbagai event nasional dan mengirimkan para nasabah sekaligus pengusaha UMKM dari berbagai sektor usaha untuk memperkenalkan dan menjual produk-produk UMKM unggulan daerah.

Kegiatan Expo BUMDes Nusantara yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat dilaksanakan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, 13 Mei 2017. Dalam event ini, Bank BRI juga mengikutsertakan 3 BUMNDes binaan dari Provinsi Jawa Tengah untuk ikut terjun langsung dalam mempromosikan produk unggulannya serta menjual secara langsung produk - produk tersebut di lokasi acara.

“Bank BRI terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada semua pengusaha UMKM di Indonesia baik yang telah tergabung dalam BUMDes maupun yang belum. Hal ini sebagai salah satu bentuk tanggungjawab Bank BRI untuk terus membangun bisnis UMKM yang berkelanjutan di Indonesia,“ungkap Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso.

Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut juga dihadiri langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo dan Pemimpin Wilayah BRI serta pimpinan wilayah Padang, Sutadi menghadirkan berbagai produk–produk Mikro dan UKM dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan menghadirkan Perwakilan BUMDes Binaan Bank BRI, yakni BUMDes Binangun yang berasal dari Kabupaten Rembang, BUMDes Romban Djoyo dari Kabupaten Jepara, BUMDes Wiguna Utama dari Kabupaten Pemalang, Bank BRI yakin dapat memajukan dan mempromosikan produk BUMDes Binaanya kepada masyarakat luas.

BUMDes Binangun membawa produk unggulannya, yaitu Batik Lasem, BUMDes Romban Djoyo dengan kopi hasil fermentasinya yaitu Kopi Tempur dan keripik olahan, dan BUMDes Wiguna Utama memamerkan produk mangga unggulannya, yaitu Mangga Istana yang selama ini menjadi pesanan rutin dari pihak Istana Negara dan juga telah dipasarkan melalui berbagai department store ternama di Indonesia.

Saat ini, BRI telah bekerjasama dengan lebih dari 4.050 BUMDes di seluruh Indonesia, diantaranya sekitar 755 BUMDes telah menjadi Agen BRI Link. Tidak hanya itu, Bank BRI juga telah berkomitmen memberikan dukungan pengembangan ekonomi desa melalui BUMDes, salah satunya dengan memberikan literasi keuangan dan kegiatan pendidikan/pelatihan kepada BUMDes binaannya.

BRI menargetkan untuk memberikan pendidikan pelatihan kepada 1.000 BUMDes binaannya di tahun 2017 ini. Selain mempromosikan dan menjual produk, acara ini juga diramaikan oleh aksi pesepeda dalam rangkaian acara Tour de Singgalang 2017 yang digelar bersamaan dengan acara BUMDes Expo 2017 di Lapangan Kantin Wirabraja, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sekilas tentang BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk (BRI atau Bank BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, JawaTengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulpen SpaarbankderInlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang -orang berkebangsaan Indonesia (pribumi).

Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. BRI Unit yang sebelumnya bernama BRI Unit Desa, pertama sekali dibentuk pada tahun1969, berkaitan dengan program Bimbingan Massal (Bimas) yang merupakan program pemerintah. Peran BRI Unit Desa dalam program Bimas tersebut adalah sebagai pemberi modal kepada petani di wilayah pedesaan.

Pada tahun 1983 pemerintah mengeluarkan kebijakan deregulasi keuangan dan perbankan, Kebijakan ini kemudian dimanfaatkan oleh BRI dengan merubah fungsi BRI Unit Desa menjadi Lembaga Perantara Keuangan Pedesaan (Commercial Rural Financial Intermediary).

Sejak tahun 1984, nama BRI Unit Desa diganti dengan nama yang lebih komersial yaitu BRI Unit dengan tidak hanya melayani masyarakat pedesaan namun juga perkotaan dan mulai menyalurkan Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) yang pendekatannya mengarah ke komersial. Selain itu juga mengukuhkan BRI sebagai bank komersial yang memfokuskan usahanya pada usaha mikro, kecil dan menengah sampai dengan saat ini.

Bank BRI menjadi satu-satunya perusahaan di dunia yang bergerak di bidang perbankan yang memiliki satelit dan mengoperasikannya sendiri untuk memberikan layanan secara meratadi seluruh Indonesia.

Selain itu, seluruh delivery channel yang ada siap memberikan pelayanan kepada BUMDes BRI.

Bank BRI saat ini telah memiliki lebih dari 10,643 unit kerja real time online, dan lebih dari 283,453 e-channel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekilas tentang BUMDES

BUMDes adalah Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yangberasal dari kekayaan desa, yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

Jenis usaha yang dapat dikembangkan melalui BUMDes diantaranya, usaha bisnis sosial melalui usaha air minum desa, usaha listrik desa dan lumbung pangan, usaha bisnis penyewaan melalui usaha alat transportasi, perkakas pesta, gedung pertemuan, rumah toko dan tanah milik BUMDes dan usaha bersama (holding) sebagai induk dari unit - unit usaha yang dikembangkan melalui pengembangan kapal desa dan desa wisata.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan BRI akan turut memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi desa khususnya kepada masyarakat desa, dan juga melalui BUMDes sebagai wadah usaha bersama masyarakat desa.Pemanfaatan Layanan BRI Link atau Agen Bank BRI oleh BUMDes sebagai salah satu unit usaha BUMDes, merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan BUMDes selaku nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat desa secara real time online menggunakan fitur EDC mini ATM BRI dengan konsep sharing fee serta layanan keuangan lainnya.

Saat ini sudah 755 BUMDes yang telah memiliki Unit Usaha Agen BRI Link dari 4.050 BUMDes yang telah menjadi mitra BRI. Bagi BRI, kegiatan ini merupakan hal yang membanggakan, sebab BUMDes merupakan mitra stategis BRI di daerah. Oleh karena itu, Bank BRI sebagai Bank yang memiliki jaringan terluas di Indonesia siap memberikan jasa layanan perbankan terbaik kepada BUMDes di seluruh Indonesia.

Jumlah jaringan BRI yang tersebar di seluruh Indonesia memudahkan peranan BRI untuk BUMDes di pelosok nusantara.(**)
loading...
wwwwww