Walikota Parepare Peraih Gelar Doktor, Pengamat: Taufan Pawe Adalah Sosok Habibie Baru

Walikota Parepare Peraih Gelar Doktor, Pengamat: Taufan Pawe Adalah Sosok Habibie Baru
Walikota Parepare, HM Taufan Pawe, saat audiensi dengan beberapa awak media di Rujab Kota Parepare. (Muslikhin/GoNews.co)
Minggu, 14 Mei 2017 10:47 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PAREPARE - Sosok Walikota Parepare ini tergolong unik dan tegas. Punya nama lengkap HM Taufan Pawe SH, MH inipun mendapat satu gelar lagi didepan namanya dengan sebutan Dr (Doktor).

Gelar Doktor sendiri ia peroleh bukan secara kebetulan, namun berkat kerja kerasanya meniliti hak-hak para tersangka dan terdakwa. Penelitian yang tidak semua digemari orang ini, juga tergolong unik. Kenapa ia memilih penilitan itu, karena sebelum menjabat sebagai Walikota Parepare, Taufan terlebih dahulu sudah berprofesi sebagai Lawyer.

Walikota Pare-pare Taufan Pawe, resmi meraih gelar doktor di bidang Ilmu hukum, pada hari (19/12/2014) yang silam. Gelar ini diperoleh setelah melalui promosi doktor yang dilaksanakan di Gedung Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Universitas Hasanuddin Makassar.

Dalam ujian promosi tersebut, Taufan Pawe mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul "Implementasi Proses Peradilan yang Adil Bagi Tersangka dan Terdakwa dalam Peradilan Tindak Pidana Korupsi".

Menurutnya, masih banyak hak dasar dan hak asasi tersangka yang terabaikan dalam proses peradilan. Perlindungan hukum bagi tersangka dan terdakwa dijamin dalam Undang-undang Dasar 1945 dan secara lengkap termuat dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana.

"Konsep perlindungan hukum bagi tersangka dan terdakwa seharusnya tidak hanya menggunakan konsep perlindungan yang preventif dan represif. Tapi juga perlindungan secara abstrak dan konkrit," ungkapnya dalam presentasi pada waktu itu.

Taufan Pawe juga menamambahkan perlindungan abstrak bagi tersangka dan terdakwa adalah adanya jaminan perlindungan dari perundang-undangan akan pengakuan hak-haknya yang harus diakui oleh aparat penegak hukum. Sementara itu, perlindungan abstrak berupa perwujudan dari hak-hak yang abstrak dalam perundang-undangan.

Dalam disertasinya ini pula, Taufan Pawe menambahkan beberapa rekomendasi. "saya merekomendasikan percepatan pengesahan revisi KUHP untuk jaminan perlindungan hukum bagi tersangka dan terdakwa" Jelasnya.

Dalam promosi doktor tersebut, berlaku sebagai Pimpinan Sidang Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M.Hum., Promotor Prof. Dr. Aswanto, S.H.,DFM., serta Co-promotor yang terdiri dari Prof. Dr. M. Syukri Akub, S.H., M.H., dan Prof. Dr. H.M. Said Karim, S.H., M.Si. (Ai)

Sementara itu, dalam kurun waktu tiga tahun memimpin Kota Parepare, HM Taufan Pawe juga disebut-sebut sebagai pemimpin yang berhasil mengubah kota kelahiran BJ Habibie sebagai kota tujuan wisata baru di Sulsel.

Hal ini seperti dikatakan pengamat politik nasional dari LIPI Syamduddin Haris, yang mengatakan bahwa saat ini telah lahir penerus BJ Habibie di Sulawesi Selatan.

"Beliau adalah sosok Habibie Baru. Jika mantan Presiden RI itu hebat dudunia pemerintahan dan teknologi. Taufan Pawe juga mewarisi otaknya Habibie. Berbagai kebijakan yang dinilai banyak orang sebagai hal yang tak masuk akal, berhasil ia buktikan menjadi sebuah keberhasilan nyata. Ya dia memang banyak akal," paparnya kepada GoNews.co, Minggu (14/5/2017).

Lanjutnya, keberhasilan Taufan mengubah Kota Kecil yang kumuh menjadi kota tujuan wisata adalah prestasi yang tak terduga. "Semua insfratuktur ia bangun. Awalnya dianggap gila dan membuang-buang anggaran. Dengan PAD kota yang sangat kecil, ia buktikan dengan berbagai pembangunan seperti monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, berbagai taman kota serta pembangunan TRS dan Toilet mahal senilai hampir Rp1 miliar lebih, yang sempat menghebohkan jagad maya. Ini membuktikan sosok "Habibie baru" cocok dua kali lebih baik memimpin kota kelahiran sang Profesor BJ Habibie," tandasnya.

Berikut Profil Lengkap Walikota Parepare Taufan Pawe.

Dr.HM Taufan Pawe, S.H, M.H, lahir di Parepare,Sulawesi Selatan, 14 Oktober 1965; umur 50 tahun, Walikota Parepare terpilih periode 2013-2018.

Taufan yang berpasangan dengan Wakil Walikota, Faisal Andi Sapada memenangkan pilkada Kota Parepare 2013 meraih suara sebanyak 29.981 atau 40 % dari perolehan suara yang ada, mengalahkan empat pasangan lainnya. Termasuk mengalahkan walikota petahana,Sjamsu Alam.

Sebelumnya Taufan Pawe juga pernah menjadi calon wali kota di Pemilihan Kepala Daerah Parepare 2008 bersama pasangan calon wakil wali kota Artanita namun dikalahkan oleh pasanganZain Katoe dan Sjamsu Alam.

Riwayat Pendidikan.

SD Negeri 20 ParepareSMP Frater ParepareSMA Negeri 1 ParepareS1 Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muslim IndonesiaS2 Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Hasanuddin

Karier

Dosen Universitas Muslim IndonesiaKonsultan Hukum PT Astra Argo LestariTbkKonsultan Hukum PT. MamuangKonsultan Hukum PT. PASANG KAYU (JAKARTA)Konsultan Hukum PT. Lestari Tani TeladanKonsultan Hukum PT. Unggul Widya Teknologi Lestasi Tbk.Konsultan Hukum PT. Mahakarya Widya LestariKonsultan Hukum PT. SNCT (PMA). Dan saat ini menjabat Walikota Parepare. ***

wwwwww